Subscribe:

Ads 468x60px

.

menu

Friday, November 22, 2013

Peristiwa peristiwa sebelum kemerdekaan Indonesia

A. PERISTIWA PENTING MENJELANG PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945
Berita Kekalahan Jepang Terhadap Sekutu Dan Perbedaan Pendapat Antara Golongan Tua Dan Muda Yang Melahirkan Peristiwa Rengasdengklok,
Setelah mengetahui bahwa Jepang telah menyerah terhadap sekutu, maka golongan pemuda segera menemui Bung Karno dan Bung Hatta di Jln.Pegangsaan Timur 56 Jakarta.Dengan juru bicara Sutan Syahrir, para pemuda meminta agar Bung Karno dan Bung Hatta segera memperoklamasikan kemerdekaan saat itu juga, lepas dari campur tangan Jepang.Bung Karno tidak menyetujui usul para pemuda karena Proklamasi Kemerdekaan itu perlu dibicarakan terlebih dahulu dalam rapat PPKI, sebab badan inilah yang ditugasi untuk mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia.
Para pemuda menolak pendapat Bung Karno sebab PPKI itu buatan Jepang, menyatakan kemerdekaan lewat PPKI tentu Akan dicap oleh Sekutu bahwa kemerdekaan itu hanyalah pemberian Jepang,para pemuda tidak ingin kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai hadiah dari Jepang.Bung Karno berpendapat lain, bahwa soal kemerdekasan Indonesia datangnya dari pemerintah Jepang atau dari hasil perjuangan bangsa Indonesia sendiri,tidaklah menjadi soal, karena Jepang toh sudah kalah.
Masalah yang lebih penting adalah menghadapi sekutu yang berusaha mengambalikan kekuasaan Belanda di Indonesia. Karena itu memperoklamasikan kemerdekaan Indonesia diperlukan suatu revolusi yang terorganisasi, atas dasar itulah Bung Karno menolak usul para pemuda.
BOM ATOM JEPANG
Serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki adalah serangan nuklir selama Perang Dunia II terhadap kekaisaran Jepang oleh Amerika Serikat atas perintah Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman. Setelah enam bulan pengeboman 67 kota di Jepang lainnya, senjata nuklir "Little Boy" dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, diikuti dengan pada tanggal 9 Agustus 1945, dijatuhkan bom nuklir "Fat Man" di atas Nagasaki. Kedua tanggal tersebut adalah satu-satunya serangan nuklir yang pernah terjadi.
Bom atom ini membunuh sebanyak 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945.[1] Sejak itu, ribuan telah tewas akibat luka atau sakit yang berhubungan dengan radiasi yang dikeluarkan oleh bom. Pada kedua kota, mayoritas yang tewas adalah penduduk.
Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, menandatangani instrumen menyerah pada tanggal 2 September, yang secara resmi mengakhiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. (Jerman sudah menandatangani menyerah pada tanggal 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini membuat Jepang sesudah perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir.

B. JEPANG MENYERAH TANPA SYARAT
Disaksikan Jenderal Richard K. Sutherland, Menteri Luar Negeri Jepang Mamoru Shigemitsu menandatangani Dokumen Kapitulasi Jepang di atas kapal USS Missouri, 2 September 1945.
Menyerahnya Jepang pada bulan Agustus 1945 menandai akhir Perang Dunia II. Angkatan Laut Kekaisaran Jepang secara efektif sudah tidak ada sejak Agustus 1945, sementara invasi Sekutu ke Jepang hanya tinggal waktu. Walaupun keinginan untuk melawan hingga titik penghabisan dinyatakan secara terbuka, pemimpin Jepang dari Dewan Penasihat Militer Jepang secara pribadi memohon Uni Soviet untuk berperan sebagai mediator dalam perjanjian damai dengan syarat-syarat yang menguntungkan Jepang. Sementara itu, Uni Soviet juga bersiap-siap untuk menyerang Jepang dalam usaha memenuhi janji kepada Amerika Serikat dan Inggris di Konferensi Yalta.
Pada 6 Agustus dan 9 Agustus, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Pada 9 Agustus, Uni Soviet melancarkan penyerbuan mendadak ke koloni Jepang di Manchuria (Manchukuo) yang melanggar Pakta Netralitas Soviet–Jepang. Kaisar Hirohito campur tangan setelah terjadi dua peristiwa mengejutkan tersebut, dan memerintahkan Dewan Penasihat Militer untuk menerima syarat-syarat yang ditawarkan Sekutu dalam Deklarasi Potsdam. Setelah berlangsung perundingan di balik layar selama beberapa hari, dan kudeta yang gagal, Kaisar Hirohito menyampaikan pidato radio di hadapan rakyat pada 15 Agustus 1945. Dalam pidato radio yang disebut Gyokuon-hōsō (Siaran Suara Kaisar), Hirohito membacakan Perintah Kekaisaran tentang kapitulasi, sekaligus mengumumkan kepada rakyat bahwa Jepang telah menyerah.
Pendudukan Jepang oleh Komando Tertinggi Sekutu dimulai pada 28 Agustus. Upacara kapitulasi diadakan pada 2 September 1945 di atas kapal tempur Amerika Serikat Missouri. Dokumen Kapitulasi Jepang yang ditandatangani hari itu oleh pejabat pemerintah Jepang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II. Penduduk sipil dan anggota militer di negara-negara Sekutu merayakan Hari Kemenangan atas Jepang (V-J Day). Walaupun demikian, sebagian pos komando terpencil dan personel militer dari kesatuan di pelosok-pelosok Asia menolak untuk menyerah selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun setelah Jepang menyerah. Sejak kapitulasi Jepang, sejarawan terus berdebat tentang etika penggunaan bom atom
1. Peristiwa Rengasdengklok
Kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik semakin jelas dengan dijatuhkannya bom atom oleh Sekutu di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Akibat peristiwa tersebut, kekuatan Jepang makin lemah. Kepastian berita kekalahan Jepang terjawab ketika tanggal 15 Agustus 1945 dini hari, Sekutu mengumumkan bahwa Jepang sudah menyerah tanpa syarat dan perang telah berakhir. Berita tersebut diterima melalui siaran radio di Jakarta oleh para pemuda yang termasuk orang-orang Menteng Raya 31 seperti Chaerul Saleh, Abubakar Lubis, Wikana, dan lainnya. Penyerahan Jepang kepada Sekutu menghadapkan para pemimpin Indonesia pada masalah yang cukup berat. Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan (vacuum of power). Jepang masih tetap berkuasa atas Indonesia meskipun telah menyerah, sementara pasukan Sekutu yang akan menggantikan mereka belum datang. Gunseikan telah mendapat perintah-perintah khusus agar mempertahankan status quo sampai kedatangan pasukan Sekutu. Adanya kekosongan kekuasaan menyebabkan munculnya konflik antara golongan muda dan golongan tua mengenai masalah kemerdekaan Indonesia. Golongan muda menginginkan agar proklamasi kemerdekaan segera dikumandangkan. Mereka itu antara lain Sukarni, B.M Diah, Yusuf Kunto, Wikana, Sayuti Melik, Adam Malik, dan Chaerul Saleh. Sedangkan golongan tua menginginkan proklamasi kemerdekaan harus dirapatkan dulu dengan anggota PPKI. Mereka adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Ahmad Subardjo, Mr. Moh. Yamin, Dr. Buntaran, Dr. Syamsi dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Golongan muda kemudian mengadakan rapat di salah satu ruangan Lembaga Bakteriologi di Pegangsaan Timur, Jakarta pada tanggal 15 Agustus 1945 pukul 20.00 WIB. Rapat tersebut dipimpin oleh Chaerul Saleh yang menghasilkan keputusan tuntutan-tuntutan golongan muda yang menegaskan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hal dan soal rakyat Indonesia sendiri, tidak dapat digantungkan kepada bangsa lain. Segala ikatan, hubungan dan janji kemerdekaan harus diputus, dan sebaliknya perlu mengadakan perundingan dengan Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta agar kelompok pemuda diikutsertakan dalam menyatakan proklamasi.
2. Pembentukan PPKI
Pada tanggal 7 agustus 1945 BPUPKI di bubarkan sebagai penggantinya pemerintah pendudukan jepang membentuk PPKI .Ir. soekarno untuk sebagai ketua PPKI dan Drs. Muh hata ditunjuk sebagai wikil ketuanya , sedangkan Mr.Ahmad Soerbadjo ditunjuk sebagai penasehatnya .

3. AKSELERASI GERAKAN PEMUDA

a.Kongres Pemuda Seluruh Jawa
Tanggal 16 mei 1945 di bandung diadakan kongres pemuda seluruh jawa yang di prakarsai angkatan moeda indonesia. Kongres pemuda itu dihadirin oleh lebih 100 pemuda. Kongres tersebut menghimbau para pemuda di jawa hendaknya bersatu dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan proklamasi kemerdkaan . satelah 3 hari kongres berlangsung, akhirnya di putuskan 2 buah resolusi, yaitu:
1) semua golongan indonesia , terutama golongan pemuda di persatukan dan di bulatkan di bawah satu pimpinan nasional.
2) dipercepatnya pelaksanaan pernyataan kemerdekaan indonesia
b.pembentukan Gerakan Angkatan Baroe Indonesia
pernyataan pada kongres pemuda seluruh jawa tidak memuaskan beberapa tokoh pemuda yang hadir. Mereka bertekad untuk menyatakan suatu gerakan pemuda yang lebih radikal . diadakan suatu pertemuan rahasia di jakerta utuk membentuk suatu panitia kusus yang di ke tuai oleh B. M. Diah . yang menghasilkan pembentukan gerakan angkatan baroe indonesia misalnya:
1) mencapai persatuan yang kompak di antara seluruh golongan masyarakat indonesia
2) menanamkan semangat revolusioner masa atas dasar kesadaran mereka sebagai rakyat yang berdaulat
3) membentuk negara kesatuan republik indonesia
4) bahu–bahu bersama jepang untuk mempersatukan indonesia tetapi jika perlu termasuk untuk mencapai kemerdekaan dengan kekuatannya sendiri .
c. pembentukan gerakan rakyat baroe .
adalah gerakan rakyat baroe yang di bentuk berdasarkan hasil sidang ke-8 cuo sangiin. Susunan pengurus pusat organisasi ini terdiri dari 80 orang . anggotanya terdiri atas penduduk asli indonesia dan bangsa jepang golongan cina, golongan arab ,dan golongan peranakan eropa.
B. PROKLAMASI KEMERDEKAAN
1. Pertemuan Soekarno/Hatta dengan Jenderal Mayor Nishimura dan Laksamana Muda Maeda
Malam harinya, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta. Mayor Jenderal Moichiro Yamamoto, Kepala Staf Tentara ke XVI (Angkatan Darat) yang menjadi Kepala pemerintahan militer Jepang (Gunseikan) di Hindia Belanda tidak mau menerima Sukarno-Hatta yang diantar oleh Tadashi Maeda dan memerintahkan agar Mayor Jenderal Otoshi Nishimura, Kepala Departemen Urusan Umum pemerintahan militer Jepang, untuk menerima kedatangan rombongan tersebut. Nishimura mengemukakan bahwa sejak siang hari tanggal 16 Agustus 1945 telah diterima perintah dari Tokyo bahwa Jepang harus menjaga status quo, tidak dapat memberi izin untuk mempersiapkan proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebagaimana telah dijanjikan oleh Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam. Soekarno dan Hatta menyesali keputusan itu dan menyindir Nishimura apakah itu sikap seorang perwira yang bersemangat Bushido, ingkar janji agar dikasihani oleh Sekutu. Akhirnya Sukarno-Hatta meminta agar Nishimura jangan menghalangi kerja PPKI, mungkin dengan cara pura-pura tidak tau. Melihat perdebatan yang panas itu Maeda dengan diam-diam meninggalkan ruangan karena diperingatkan oleh Nishimura agar Maeda mematuhi perintah Tokio dan dia mengetahui sebagai perwira penghubung Angkatan Laut (Kaigun) di daerah Angkatan Darat (Rikugun) dia tidak punya wewenang memutuskan.
Setelah dari rumah Nishimura, Sukarno-Hatta menuju rumah Laksamana Maeda (kini Jalan Imam Bonjol No.1) diiringi oleh Myoshi guna melakukan rapat untuk menyiapkan teks Proklamasi. Setelah menyapa Sukarno-Hatta yang ditinggalkan berdebat dengan Nishimura, Maeda mengundurkan diri menuju kamar tidurnya. Penyusunan teks Proklamasi dilakukan oleh Soekarno, M. Hatta, Achmad Soebardjo dan disaksikan oleh
2. PERAN LAKSANA MAEDA DALAM PROKLAMASI
Laksamana Tadashi Maeda
Laksamana Tadashi Maeda adalah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik. Ia melanggar perintah Sekutu yang melarang para pemimpin Indonesia mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peranannya dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut.
a.       Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Peran Laksamana ALTadashi Maeda pada Bangsa Indonesia
Pada tahun 1976 Laksamana Tadashi Maeda kelahiran Kagoshima Jepang 1898 ini mendapat "Anugerah Bintang Jasa Nararya" dari Pemerintah Republik Indonesia. Selama 10 tahun Tadashi Maeda berdinas di K-ementcrian Angkatan Laut khusus urusan Indonesia.
Tugas pokok sebagai Kepala Kantor Penghubung Rikugun (AD) dan Kaigun (AL) di Jakarta. Tadashi Maeda pernah dihukum selama 1 tahun, karena dipersalahkan melanggar perintah Angkatan Perang Sekutu dalam mempertahankan status quo Hindia Belanda. Melalui Mr. Ahmad Soebardjo yang menjabat sebagai Kepala Biro Riset AL Jepang, Tadashi Maeda meminta agar Bung Karno segera kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Jaminan keamanan serta mempersitahkan menggunakan rumah dinasnya di Jt. Nassan Boulevard/ Jl. Imam Bonjol no. 1 Jakarta untuk rapat.
Tanggal 16 Agustus 1945 sore hari rombongan Mr. Soebardjo sebagai oerriasii menjemput Bung Karno dan Bung Hatta di Rengasdengklok untuk dibawa ke Jakarta. Ibu Fatmawati dan Guntur diantarkan ke Jl. Pegangsaan Timur 56, sedangkan Bung Karno dan Bung Hatta langsung menuju ke rumah dinas Tadashi Maeda diikuti oleh Soekarni, Soetardjo dan Soedirb (Barisan Banteng). Ternyata di rumah Laksamana Tadashi Maeda tokoh-tokoh pergerakan, anggota BPKI dan beberapa pimpinan pemuda Menteng 31, Cikini 71 dan Prapatan 10, serta beberapa wartawan.
Rapat pembahasan Naskah Proklamasi dilaksanakan sampai hampir tengah malam. Dan setelah disepakati bersama^Bung Kamo menyarankan supaya yang hadir dalam rapat malam itu tLikut menandatangani 'Naskah Proklamasi' sebagai wakil-wakil bangsa Indonesia."
Ternyata sebagian besar yang hadir mengusulkan agar Bung Karno dan Bung Hatta saja yang bertanda tangan atas nama Bangsa Indonesia.
Setelah tidak ada usulan dan perabahan lagi, maka dipanggillah Sayuti Melik untuk mengetik Naskah Proklamasi. Setelah meminjam mesin ketik millk kantor Maeda, Sayuti Melik didampingi BM. Diah mengetik Naskah Proklamasi tulisan tangan Bung Karno di ruang kecil dekat dapur.
Tak lama kemudian Naskah Proklamasi ditanda tangani Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia di ruang tamu Laksamana Tadashi Maeda. Naskah hasil ketikan Sayuti Melik inilah yang dibacakan Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 pagi di Pegangsaan Timur 56 Jakarta.
3. Detik-detik Pembacaan Naskah Proklamasi
Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di laksamana Tadashi Maeda Jln Imam Bonjol No 1. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti Melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.
Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih (Sang Saka Merah Putih), yang dijahit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera berkibar, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya.[4]. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional.
Setelah upacara selesai berlangsung, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin S.Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan. Mereka menuntut Soekarno mengulang pembacaan Proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka.[5]
4. DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA
•  Malam harinya, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta. Mayor Jenderal Moichiro Yamamoto, Kepala Staf Tentara ke XVI (Angkatan Darat) yang menjadi Kepala pemerintahan militer Jepang (Gunseikan) di Hindia Belanda tidak mau menerima Sukarno-Hatta yang diantar oleh Maeda Tadashi dan memerintahkan agar Mayor Jenderal Otoshi Nishimura, Kepala Departemen Urusan Umum pemerintahan militer Jepang, untuk menerima kedatangan rombongan tersebut. Nishimura mengemukakan bahwa sejak siang hari tanggal 16 Agustus 1945 telah diterima perintah dari Tokio bahwa Jepang harus menjaga status quo, tidak dapat memberi ijin untuk mempersiapkan proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebagaimana telah dijanjikan oleh Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam. Soekarno dan Hatta menyesali keputusan itu dan menyindir Nishimura apakah itu sikap seorang perwira yang bersemangat Bushido, ingkar janji agar dikasihani oleh Sekutu. Akhirnya Sukarno-Hatta meminta agar Nishimura jangan menghalangi kerja PPKI, mungkin dengan cara pura-pura tidak tau. Melihat perdebatan yang panas itu Maeda dengan diam-diam meninggalkan ruangan karena diperingatkan oleh Nishimura agar Maeda mematuhi perintah Tokio dan dia mengetahui sebagai perwira penghubung Angkatan Laut (Kaigun) di daerah Angkatan Darat (Rikugun) dia tidak punya wewenang memutuskan.
•  Setelah dari rumah Nishimura, Sukarno-Hatta menuju rumah Laksamana Maeda (kini Jalan Imam Bonjol No.1) diiringi oleh Myoshi guna melakukan rapat untuk menyiapkan teks Proklamasi. Setelah menyapa Sukarno-Hatta yang ditinggalkan berdebat dengan Nishimura, Maeda mengundurkan diri menuju kamar tidurnya. Penyusunan teks Proklamasi dilakukan oleh Soekarno, M. Hatta, Achmad Soebardjo dan disaksikan oleh Soekarni, B.M. Diah, Sudiro (Mbah) dan Sayuti Melik. Myoshi yang setengah mabuk duduk di kursi belakang mendengarkan penyusunan teks tersebut tetapi kemudian ada kalimat dari Shigetada Nishijima seolah-olah dia ikut mencampuri penyusunan teks proklamasi dan menyarankan agar pemindahan kekuasaan itu hanya berarti kekuasaan administratif. Tentang hal ini Bung Karno menegaskan bahwa pemindahan kekuasaan itu berarti “transfer of power”. Bung Hatta, Subardjo, B.M Diah, Sukarni, Sudiro dan Sajuti Malik tidak ada yang membenarkan klaim Nishijima tetapi di beberapa kalangan klaim Nishijima masih didengungkan.
•  Setelah konsep selesai disepakati, Sajuti menyalin dan mengetik naskah tersebut menggunakan mesin ketik yang diambil dari kantor perwakilan AL Jerman, milik Mayor (Laut) Dr. Hermann Kandeler. Pada awalnya pembacaan proklamasi akan dilakukan di Lapangan Ikada, namun berhubung alasan keamanan dipindahkan ke kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 (sekarang Jl. Proklamasi no. 1)
C. TERBENTUKNYA NEGARA DAN PEMERINTAHAN INDONESIA
Terbentuknya Negara Kesatuan dan pemerintahan republik Indonesia serta kelengkapanya.
Negara republik Indonesia di lahirkan belum sempurna pada tanggal 17 agustus 19945 pada kenyataanya belum sempurna sebagai suatu negara. Oleh karena itu langkang yang di ambil oleh para pemimpin negara melalui PPKI adalah menyusun konstitusi  negara dan pembentukan alat kelengkapan negara.
Untuk itu PPKI mengadakan siding sebanyak tiga kali yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945, 19 Agustus 1945 dan 22 Agusrus 1945.
Sebelum rapat dimulai muncul permasalahan yang disampaikan oleh wakil dari luar jawa, diantaranya :
-          Mr. Latuharhary ( Maluku ), Dr. Samratulangi ( Sulawesi )
-          Mr. Kadjudin noor dan Ir. Pangeran Noor ( Kalimantan )
-          Mr. I Ketut Putja ( Nusa Tanggara )
Yang menyampaikan keresahan penduduk non islam mengenai kalimat
dalam piagam Jakarta yang nantinya akan di jadikan Rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.
Kalimat yang dimaksud adlah “ Ketuhanan dengan mewajibkan menjalankan syariat islam bagi para pemeluknya “.
Serta syarat kepala negara harus seorang muslim. Untuk mengatasi maslah tersebut Drs. Muhammad Hatta beserta Ki Bagus Hadi Kusumo, Wahid Hasim, Mr. Kasman Singa Dimutjo dan Mr.Teuku Muh. Hasan.
Membicarakan secara khusus, akhirnya dengan mempertimbangkan kepentingan yang luas dan menegakkan Negara Indonesia yang baru didirikan, rumusan kalimat yang didasarkanmemberatkan oleh kelompok non islam di hapus sehingga menjadi berbunyi “ Ketuhanan Yang Maha Esa “
Dan syarat kepala negara adlah orang Indonesia asli untuk memahami hasil siding scara lengkap, maka perhatikan di bawah ini.
Keputusan Penting dalam Sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945
Mengesahkan dan menetapkan Undang –Undang Dasar Republik Indonesia yang telah disiapkan oleh (BPUPKI ) yang kemudian di kenal dengan Undang-Undang dasar 1945
-   Memilih Ir. Soekarno sebagi presiden dan Drs. Mohammad Hatta  sebagai wakil Presiden. Pemilihan preiden dan wakil presiden di lakukan secara akumulasi atas usul dari Otto Iskandarnoto
-      Membentuk sebuah komite Nasional ( Untuk membantu Presiden Selama
MPR dan DPR belum dibentuk )
Keputusan Sidang pada tangga 19 Agustus 1945
Pada tanggal itu PPKI melanjutkan sidangyang ke-2 kalinya berhasil memutuskan :
Pembagian wilayah terdiri atas 8 Propinsi
Jawa Barat, Gubernurnya Sutarjo Karto Hadikusumo
Jawa Tengah, Gubernurnya R. Panji Suroso
Jawa Timur, Gubernurnya R.A. Suroso
Borneo ( Kalimantan ), Gubernurnya Ir Pangeran Muhammad Noor
Sulawesi, Gubernurnya Dr. G.S.S.J. Sam Ratulangi
Maluku, Gubernurnya Mr. J. Ratuharhary
Sunda Keci ( Nusa Tenggara ), Gubernurnya Mr.I Gusti Ketut Pudja
Sumatra, Gubernurnya Mr Teuku Muhammad Hasan
Pembentukan Komite Nasional ( Daerah )
Menetapkan 12 Deparemen dengan Mentri-mentrinya mengepalai departemen dan
Mentri negara sebagai berikut :
Departemen Dalam Negeri          : Di kepalai R.A.A. Wiranata
Kusumah
Departeman Luar Negeri            : Mr. Ahmad Soebarjo
Departemen Kehakiman             : Prof. Dr.Mr. Supomo
Departemen Keuangan                : Mr.A.A. Marimis
Departemen Kemakmuran         : Surahman Cokrodisurjo
Departemen Kesejahteraan        : Dr. Bantaran Morto Atmojo
Departemen Pengajaran               : Ki. Hajar Dewantoro
Departemen Sosial                          : Iwa Kusuma Sumantri
Departemen Pertahanan               : Supriyadi
Departemen Perhubungan            : Abi Kusno Tjokrosuyoso
Departemen Pekerjaan Umum     : Abi Kusno Tjokrosuyoso
Departemen Panerangan              : Mr. Amir Syarifudin
Sedangkan 4 Mentri Negara yaitu :
Mentri Negara                                           : Wachid Hasyim
Mentri Negara                                           : M. Amir
Mentri Negara                                           : R. Otto Iskandar Diratta
Mentri Negara                                          : Rm. Sartono
Disamping itu pula Diangkat pejabat Tinggi Negeri sebagai berikut :
Ketua Mahkamah Agung         : Dr.Mr. Kusuma Atmaja
Jaksa Agung                                 : Mr. Gatoto Tarunamiharja
Sekretaris Negara                       : Mr. Agung Pringgo Digdo
Juru Bicara                                    : Soekarjo Wirjo Pranoto
Keputusan Sidang Ke-3 PPKI Tanggal 22 Agustus 1945 Memutuskan
Pembentukan Komite Nasional Pusat ( KNPI ).
Sidang PPKI tangal 22 Agustus 1945 maka dibentuk Komite Nasional Indonesiaadalah badan yang akan berfungsi sebagai ( DPR ). Sebelum
diselenggarakan pemilhan Umum ( Pemilu )
KNIP  diketuai oleh “ Mr. Kasman Singodimejo dan anggota ( KNIP ) dilantik tanggal 29 Agustus 1945.
Tugas Pertama KNIP adalah Membentuk tugas kepresidenan namun tetapi diperluas tidak hanya sebagi nasehat Presiden, Wewenang KNIP sebagai DPR ditetapkan dalam rapat KNIP 16 Oktober 1945.
Membentuk Parta Nasional Indonesia ( PNI )
Pada tanggal 22 Agustus PPKI bersidang Ke-3 kalinya dan menghasilkan Keputusan antara lain pebentukan Partai Nasional Indonesia. Yang pada waktu sidang itu dimaksudnya menjadi satu-satunya partai politik di Indonesia ( Partai Tunggal ). Dalam perkembangan muncul maklumat 31 Agustus 1945 yang memutuskan bahwa gerakan dan persiapan PNI ditundai dan KNIP mengajukan usul kepada pemerintahan agar rakyat diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk  mendirikan parpol, Kemudian maklumat dikenal dengan maklumat 3 November 1945.
Pembentukan Badan Keamanan Rakyat ( BKR )
( BKR ) ditetapkan sebagai bagian dari badan penolong keluarga korban perang ( BPKKP ). Yang  merupakan induk organisasi yang ditujukan untuk kselamatan rakyat. BKR tugasnya sebagai penjaga keamanan umum di daerah-daerah dibawah kordinasi KNI Daerah.
Para pemuda bekas anggota Peta, KNIL, dan Heiho segera mmbentuk
BKR sebagai wadah perjuangan.
-          BKR Jakarta dipimpin     : Kaprawi
-          BKR jawa timur                  : Dra. Moestopo
-          BKR jawa tengah               : Soediman
-          BKR jawa barat                  : Arudji Kartawinata
Keputusan tersebut karena pemerintahan belum tertera yang bersifat Nasional. Pada tanggal 5 oktober 1945 dikeluarkan maklumat pemerintahan yang menyatakan berdirinya, tertera keamanan Rakyat (TKR ) sebagai pemrintahan TKR di setujui Supriyadi. Dan Supriyadi ternyata tidak pernah sekali muncul.
Pada bulan November atas prakarsa tinggi TKR di ladakan pemilihan tertinggi TKR yan baru terpilih colonel Soederman. terpilihnya soederman merupakan titik puncak perkembangan pada bulan januari 1946 ( TKR ) beubah menjadi tentara rakyat Indonesia ( TRI ) pada bulan juni 1947  ( TRI ( berubah menjadi tentara nasional Indonesia ( TNI ) sampai sekarang.




1.    Pada akhir tahun 1944 petahanan jepang mulai mundur ditandai dengan ..
a.    Jatuhnya Kabine Toyo
b.    Jatuhnya Kabinet Koiso
c.    Jatuhnya pangkalan armada AS
d.    Jatuhnya Pearl Hobour
e.    E. Jatuhnya pulau saipan kepada AS

2.    Pada tanggal 1 maret 1945 Kumakici Harada membentuk . .
a.    BPUPKI
b.    PPKI
c.    KNIP
d.    BP KNIP
e.    BKR
       
3.    Pada akhir tahun 1944 Jepang mengucap kan janji merdeka bertujuan untuk . .
a.    Menarik simpati pemerintah jepang untuk Indonesia merdeka
b.    Agar nanti sepeninggal jepang mampu berdiri sndiri
c.    Untuk memajukan rakyat indonesia
d.    Untuk bukti rakyat indonesia benar akan merdeka
e.    Untuk menarik rakyat indonesia agar membantu jepang
4.    Janji merdeka yang diucapkan jepang kepada bangsa indonesia mempunyai maksut . .
a.    Agar bangsa indonesia mampu memperkuat diri dan mandiri untuk masa depan negara nya
b.    Agar musuh jepang di luar negeri tidak menguasai indonesia
c.    Agar indonesia memiliki keberanian untuk menrdeka sejajar dengan jepang
d.    Agar indonesia tetap setia dan membantu perang jepang
e.     Semua jawaban benar

5.    Pembentukan BPUPKI bagi kepentinga jepang diharapkan . .
a.    Membantu perjuangan indonesia merdeka
b.    Menjadi tempat pelaksanaan demokrasi rakyat
c.    Sebagai wujud kepedulian jepang atas kemerdekaan indonesia
d.    Membantu memberi kemerdekaan indonesia
e.    Usaha untuk menghindarkan kemerdekaan indonesia

6.    Anggota BPUPKI yang berjumlah 67 orang terdiri dari . .
a.    Orang indonesi seluruhnya
b.    Orang  indonesia dan
peranakan
c.    Orang indonesia dan warga negar cina
d.    Orang indonesia yang pernah belajar kenegeri barat
e.    Sebagian besar orang indonesia dan ditambah orang jepang tanpa hak suara

7.    Tugas BPUPKI adalah . .
a.    Membantu jepang dalam perang asia timur raya
b.    Mempetahan kan indonesia dari kekuasaan negara barat
c.    Melaksanakan aturan jepang di indonesia
d.    Menyelidiki mempelajari bahan bahan penting untuk merdeka
e.    Semua jawaban benar

8.    Pada tanggal 7 agustus 1945 dibentuklah PPKI dengan tugas pokok adalah . .
a.    Mempelajari kemungkinan kemungkinan indonesia merderka
b.    Mempelajari kemungkinan dapat memberikan sumbangan indonesia merdeka
c.    Memberikan segala sesuatu yang diperlukan untuk  merdeka bagi bangsa indonesia
d.    Mempersiapkan kemerdekaan indonesia
e.    Memerdekakan indonesia



9.    PPKI sebagai penyelenggara negar indonesia yang pertama sebab . .
a.    Untuk pertama kali presiden dan wakil presiden dipilih oleh PPKI
b.    PPKI penyelenggara kemerdekaan Indonesia 17 agustus 1945
c.    PPKI yang pertama menetapkan UUD proklamasi yaitu UUD 1945
d.    PPKI sebagai wadah perjuangan bangsa indonesia sebab anggotanya ada 27 orang mamou mewakili seluruh rakyat
e.    Semua jawaban benar
10.    Peristiwa renglasdengklok oleh golongan muda disebut pengamanan sebab...
a.    Mengamankan negara dari sekutu
b.    Mengamankan negara dari serangan pihak jepang
c.    Mengamankan golongan tua dari serangan pihak jepang
d.    Mengamankan Suekarno-Hatta dari pengaruh jepang
e.    Membawa dengan paksa dibawah anacaman suekarni
11.    Ahmad tahir pada tanggal 4 oktober 1945 membentuk barisan pemuda untuk merebut senjata dari jepang di daerah..
a.    Medan        d. kalimantan
b.    Sulawesi        e. jakarta
c.    Jawa barat
12.    Salah satu penerimaan berita proklamasi yang menimbulkan slah presepsi tentang proklamasi adalah..
a.    Timbulnya insiden bendera di surabaya
b.    Timbulnya peristiwa surabaya 1945
c.    Timbulnya peristiwa tiga daerah
d.    Timbulnya insiden hotel yamato
e.    Timbulnya peristiwa rengasdenklok
13.    Negara indonesia sejak 2 september 1945 menganut sistem desentralisasi terbukti ...
a.    Adanya jabatan presiden hanya 5 tahun
b.    Adanya pembentukan 12 departemen
c.    Adanya sistem kepartaian tunggal
d.    Pernah ada jabatan perdana mentri
e.    Adanya 8 daerah tingkat 1 di indonesia
14.    Mangklumat pemerintah yang ditandatangani wakil presiden tanggal 3 november 1945 berisi tentang...
a.    Pembagian wilayah indonesia menjadi 8 provinsi
b.    Bahwa jabatan presiden republik indonesia 5 tahun kemudian dapat dipilih kembali
c.    Bahwa KNIP bertugas membantu presiden dalam menetapkan GBHN
d.    Lahirnya partai-partai politik yang pertama di Indonesia
e.    Adanya 12 departemen dalam kementrian Republik Indonesia
15.    Dalam mangklumat wakil presiden nomor X pada tanggal 16 oktober 1945, KNIP berfungsi sebagai badan legislatif  sebab ..
a.    KNIP ikut menetap kan GBHN
b.    KNIP ikut menetap kan UUD
c.    KNIP ikut menetap kan UU
d.    KNIP berhak memilih presiden dan wakil
e.    KNIP menjawab semua pertanyaan presiden
    
16.    Yang menduduki jabatan sebagai ketua KNIP yang pertama adalah . .
a.    Amir syrifudin
b.    Muhammad yamin
c.    Chaerul saleh
d.    Ahmad subarjo
e.    Kasman singodimejo
17.    Pada tanggal 23 agustus 1945 presiden mengumumkan terbentuknya BKR bukan tentara sebab . .
a.    Calon anggota BKR belum memiliki kemampuan berperang
b.    Banyak orang sipil yang masuk kedalam anggota BKR
c.    Presiden sudah merencanakan membentuk lembaga militer di luar BKR
d.    Untuk menghindarkan pembengkakan anggaran negara
e.    Agar tidak menimbulkan kesan bahwa indonesia menyiapkan diri untuk memulai peperangan menghadapi sekutu
18.    Salah satu penyebab merosotny aekonomi  pada awal kemerdekaan indonesia adalah . .
a.    Besarnya pengeluaran pemerintah untuk membiayai pembangunan  negara
b.    Mengganti biaya perang kepada pihak sekutu  sehingga krisis moneter
c.    Belum berfungsinya lembaga perbankan dengan baik, menyulitkan peredaran moneter
d.    Memili mata uang ori yang sangat rendah nilai tukarnya
e.    Adanya blokade hasil perkebunan oleh belanda
19.    Kedatangan sekutu di indonsia pada awalnya disambut baik oleh rakyat , akhirnya menjadi permusuhan sebab . .
a.    Sekutu tidak mengakui kemerdekaan indonesia
b.    Sekutu selalu dihalangi dalam menjalan kan tugas tugasnya di indonesia
c.    Rakyat indonesia menolak kedatangan sekutu
d.    Sekutu berusaha menegakkan kekuasaan di indonesia
e.    Adanya pertempuran lima hari di semarang yangmemicu kebencian rakyat
20.    Pada tanggal 18 agustus 1945 PPKI mengadakan sidang dengan hasil sidang adalah ..
a.    Merumuskan pancasila
b.    Menyusun proklamasi
c.    Memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
d.    Membentuk TNI
e.    Membentuk MPR
21.    HIPERINFLASI adalah ....
a.    Kekosongan kas negara
b.    Adanya blokade ekonomi oleh negara
c.    Peredaran mata uang yang terkendali
d.    Menetapkan  tiga mata uang
e.    Peredaran mata uang yang tidak terkendali
22.    Akibat dari adanya blokade ekonomi oleh belanda  adalah kecuali..
a.    Kekosongan kas negara
b.    Pintu perdagangan indonesia tertutup
c.    Kegiatan ekspor menjadi trhenti
d.    Ekonomi indonesia menjadi kacau
e.    Indonesia baik baik saja
23.    Cara mengatasi keuangan adalah
a.    Menetapkan tiga mata uang
b.    Adanya operasi popda
c.    Diplomasi beras ke india
d.    Mengadakan hubungan dagang langsung dengan luar negeri
e.    Konverensi ekonomi
24.    Pelaksana upaya  untuk menembus blokade belanda yang terkenal adalah kecuali..
a.    Jhon lie
b.    O.P. koesno
c.    Ir. Soekarno
d.    Ibrahim saleh
e.    Chris tampenawas
25.    Langkah dan kebijakan mengatasi perekonomian adalah . .
a.    Pembentukan kementrian pertahanan luar negeri
b.    Membentuk indof
c.    Konverensi  ekonomi satu
d.    Diplomasi beras ke india
e.    Membeli senjata api
26.    Sebutkan isi dari kasimoplan adalah...
a.    Rehabilitas pabrik gula
b.    Pembentukan persatuan tenaga ekonomi
c.    Perluasa lahan pertanian dijawa
d.    Memperbanyak kebun bibit dan padi unggul
e.    Memajukan kegiatan industri
27.    Konferensi ekonomi I bertujuan menyamakan persepsi dalam menanggulangi masalah kecuali
a.    Konsepsi untuk menghapuskan sistem autokrasi lokal warisan jepang
b.    Pembentukan kementrian pertahanan usaha luar negri
c.    Bahan makanan akan di tangani oleh pemerintah secara sentral
d.    Semua perkebunan akan di awasi oleh pemerintah
e.    Organisasi pengawas makanan rakyat yang berubah nama menjadi BPPM
28.    Sebelum adanya maklumat pemerintah 3 november  1945 terdapat partai tunggal yang diberi nama...
a.    PSH
b.    PKI
c.    NU
d.    Masumi
e.    PNI
29.    Sejak tanggal 14 november 1945 indonesia menganut sistem...
a.    Aristokrasi
b.    Liberalisme
c.    Palementer
d.    Presidensial
e.    Terpimpin
30.    Tokoh yang di tunjuk sebagai perdana mentri pertama pada masa pember lakuan kabinet parlementer(14 nov 1945 – 12 mar 1946) adalah ...
a.    Moh. Natsir
b.    Moh. Hatta
c.    A.K. Gani
d.    Amir syarifudin
e.    Sutan sjahrir
31.    salah satu keputusan sidang PPKI pada tanggal 22 agustus 1945 adalah dibentuk nya partai ..
a.    partai rakyat jelata
b.    PKI
c.    PNI
d.    PBI
e.    PSI
32.    Pada saat ibu kota negara pindah ke yogyakarta, perdana mentri sjahrir masih berkedudukan di jakarta untuk ........
a.    Mengadakan hubungan dengan luar negeri
b.    Menghadapi teror belanda
c.    Menjalan kan roda pemerintahan dari pusat
d.    Menghimpun kekuatan menghadapi belanda
e.    Menciptakan pemerintahan tandingan
33.    Beberapa partai politikyang dibentuk setelah adanya maklumat pemerintah 3 november 1945 dbawah ini kecuali...
a.    PNI
b.    MASYUMI
c.    PSI
d.    NU
e.    PKI
34.    Berdasarkan maklumat wakil presiden nomor X KNIP memiliki kekuasaan sebagai badan ..
a.    Eksekutuif dan prerogatif
b.    Yudikatif dan eksekutif
c.    Legislatif dan eksekutif
d.    Yudikatif dan legislatif
e.    Legislatif dan prerogatif
35.    Beberapa tugas AFNEI di indonesia seperti dibawah ini kecuali ..
a.    Menerima penyerahan kekuasaan dari tangan jepang
b.    Membebaskan para tawanan yangditahan jepang
c.    Melucuti dan mengumpulkan tentara jepang untuk di pulangkan
d.    Menyerahkan kekuasaan kepada sekutu
e.    Menghimpun keterangan dan menuntut  penjahat perang
36.    Salah satu akibat bagi bangsa indonesia dengan adanya perjanjian linggar jati adalah..
a.    Wilayah indonesia menjadi sempit
b.    Terjadinya pemberontakan PKI dimadiun
c.    Terbentuknya republik indonesia serikat
d.    Kehidupan RI semakin sulit
e.    Indonesia menolak garis VANMOOK
37.    Komisi jasa baik yang di bentuk oleh PBB untuk mengatasi agresi militer dua adalah ..
a.    KTN
b.    UNCI
c.    UNTEA
d.    UNTAF
e.    UNTAG
38.    Indonesia mengalami bentuk pemerintahan RIS tanggal 27 desember  1949 sebagai konsekuensi  dari perjanjian ...
a.    Linggajati
b.    Renville
c.    Roem-Royen
d.    KMB
e.    Inter-Indonesia
39.    Diplomasi yang pernah dihasilkan antara RI dan belanda adalah perjanjian sebagai berikut ..
1.    Perjanjian linggajati
2.    Perjanjian renville
3.    Perjanjian Roem-Royen
4.    Perjanjian antar-Indonesia
5.    Koferensi meja bundar
Masalah irian barat timbul dari perjanjian..
a.    1        d. 4
b.    2        e. 5
c.    3
40.    Sekutu akhirnya dapat dikalahkan dalam peristiwa perang  ambarawa yang di pimpim ..
a.    Supriyadi
b.    Urip sumoharjo
c.     R. Sukarman marto kusumo
d.    Sudirman
e.    M. Natsir
41.    Pemberontakan PkI madiun merupakan wujut kekecewaan dari..
a.    Muso
b.    Karto suwiryo
c.    Ir suekarno
d.    Amir syarifudin
e.    Rajiman
42.    Pemberontakan PKI madiun di pimpin oleh..
a.    Karto suwiryo
b.    Andi azziz
c.    Aziz saputra
d.    Muso
e.    Kahar muzakar
43.    Pada tanggal 18 september 1948 oleh PKI di Proklamasikan oleh negara...
a.    Indonesia
b.    Malaisia
c.    Uni soviet
d.    Jerman
e.    Negara soviet republik indonesia
44.    Pemberontakan PKI madiun berhasil ditumpas berkat kerja sama..
a.    Ir suekarno dan muhammad hatta
b.    Kartosuwirjo
c.    Gom dan Panglima divisi 1 jatim
d.    Muso dan amir syarifudin
e.    Suhud
45.    Muso ditembak mati sedangkan amir syarifudin di tangkap di daerah...
a.    Hutan jati
b.    Hutan ketu
c.    Hutan kayu
d.    Hutan tropis
e.    Hutan indonesia
46.    Sebagai reaksi persetujuan renvile muncul gerombolan DI/TII di jawa barat di pimpin oleh..
a.    Amir syarifudin
b.    Muso
c.    Kartosuwirjo
d.    KH. Muzakar
e.    Andi aziz
47.    Gerombolan karto suwiryo tanggal 7 agustus 1949 mendirikan negara...
a.    Negara kristen indonesia
b.    Negara islam indonesia
c.    negara komunis
d.    NKRI
e.    RIS
48.    Untuk menumpas gerombolan karto suwiryo, TNI menggunakan operasi..
a.    Pagar betis dan batarayuda
b.    Pagar makan tanaman
c.    Pagar kaki dan batara yuda
d.    Pagar senjata dan pagar betis
e.    Pagar bersama
49.    Operasi penumpasan gerombolan karto suwiryo resi dimulai sejak..
a.    17 agustus 1949
b.    27 agustus 1949
c.    18 agustus 1950
d.    17 agustus 1945
e.    21 mei 2002
50.    Pemberontakan DI/TII di Aceh dipimpin oleh..
a.    Karto suwiryo
b.    Amir fatah
c.    Daud beureueh
d.    KH muzakar
e.    Muso

51.    Gerakan separatis yang seasas dengan PRRi di manado yakni pimpinan vance sumual bernama..
a.    Gerakan banteng
b.    Dewan banteng
c.    Dewan menguni
d.    Dewaan garuda
e.    Dewan gajah
52.    Gerakan permesta di sulawesi di pimpin oleh..
a.    Vance sumual
b.    Husein
c.    Semitro
d.    Suwirjo
e.    Si bolon
53.    Untuk menumpas gerakan PRRI maka diadakan operasi tegas di daerah..
a.    Medan
b.    Riau
c.    Palembang
d.    Jawa
e.    Makkasar
54.    Dewan gajah bagian dari PRRI yang di pimpin oleh..
a.    Ahmad husein
b.    Sibolon
c.    Sumual
d.    Sibolot
e.    Mokoginta
55.    Untuk menumpas PRRI maka diadakan operasi sapta marga untuk daerah..
a.    Riau
b.    Sumatra utara
c.    Kalimantan
d.    Sulawesi
e.    Palembang
56.    Operasi merdeka tahun 1961 berhasil menyapu bersih PERMESTA di ...
a.    Sumatra
b.    Makassar
c.    Manado
d.    Palembang
e.    Lampung
57.    Pada masa menjelang G30s/PKI istilah “ mengembangkan situasi revolusioner” adalah..
a.    Mengembangkan siasat
b.    Gerakan tutup mulut
c.    Menggunakan segala cara
d.    Mengebangkan tujuan
e.    Menghalalkan cara
58.    Usaha PKI untuk mencari kekuatan dengan...
a.    Menambah laskar laskarnya
b.    Mendirikan perkumpulan pemuda
c.    Mendirikan perkumpulan orang tua
d.    Mendirikan KAMP militer
e.    Mendirikan perkumpulan mahasiswa
59.    Pemimpin gerakan G30S/PKI adalah
a.    Aidit
b.    Muso
c.    Suparjo
d.    Suparman
e.    Untung sutopo
60.    Putri A.H. Nasution yang mati akibat G30s/PKI bernama..
a.    Ade irma suryani
b.    Ade irma sriani
c.    Ade irma yani
d.    Ade irma surani
e.    Ase irma priani


sumber : buku PR Sejarah kelas 12 semester 1

3 komentar:

  1. Izinkanlah saya menulis / menebar sejumlah doa, semoga Allaah SWT mengabulkan. Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘alamiin.

    Lebih dan kurang saya mohon maaf.

    Asyhaduu anlaa ilaaha illallaah wa asyhaduu anna muhammadarrasuulullaah

    A’uudzubillaahiminasysyaithaanirrajiim

    Bismillahirrahmaanirrahiim

    Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin,
    Arrahmaanirrahiim
    Maaliki yaumiddiin,
    Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin,
    Ihdinashirratal mustaqiim,
    Shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladhaaliin

    Aamiin

    Bismillaahirrahmaanirrahiim

    Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafi ni’amahu, wa yukafi mazidahu, ya rabbana lakal hamdu. Kama yanbaghi lii jalaali wajhika, wa ‘azhiimi sulthaanika.

    Allaahumma shalli wa sallim wa baarik, ‘alaa Sayyidinaa wa Nabiyyinaa wa Maulaanaa wa Maulaanaa Muhammadin wa ikhwaanihii minal anbiyaa-i wal mursaliin, wa azwaajihim wa aalihim wa dzurriyyaatihim wa ash-haabihim wa ummatihim ajma’iin.

    ALLAAHUMMAFTAHLII HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAYYA MIN KHAZAA INI RAHMATIKA YAA ARHAMAR-RAAHIMIIN.

    RABBI INNII LIMAA ANZALTA ILAYYA MIN KHAIRIN FAQIIR.

    اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

    “Allaahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.

    “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

    “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada keturunanku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaaf: 15).

    Ya Allaah, terimalah amal saleh kami, ampunilah amal salah kami, mudahkanlah urusan kami, lindungilah kepentingan kami, ridhailah kegiatan kami, angkatlah derajat kami dan hilangkanlah masalah kami.

    Ya Allaah, percepatlah kebangkitan INDONESIA. Pulihkanlah kejayaan INDONESIA, Lindungilah INDONESIA dari bencana.

    Ya Allaah, jadikanlah INDONESIA baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur.

    Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wal akhirati wa ’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wabarakatan firrizqi wa taubatan qablal mauti, wa rahmatan ‘indal mauti, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahuma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti, wannajaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

    Allaahumma inna nas aluka husnul khaatimah wa na’uudzubika min suu ul khaatimah.

    Allaahuma inna nas’aluka ridhaka waljannata wana’uudzubika min shakhkhatika wannaar.

    Allaahummadfa’ ‘annal balaa-a walwabaa-a walfahsyaa-a wasy-syadaa-ida walmihana maa zhahara minhaa wamaa bathana min baladinaa haadzaa khaash-shataw wamin buldaanil muslimuuna ‘aammah.

    Allaahumma ahlikil kafarata walmubtadi-‘ata walmusyrikuun, a’daa-aka a’daa-ad diin.

    Allaahumma syatttit syamlahum wa faariq jam-‘ahum, wazalzil aqdaamahum.

    Allaahumma adkhilnii mudkhala shidqiw wa-akhrijnii mukhraja shidqiw waj-‘al lii milladunka sulthaanan nashiiraa.

    ——(doa khusus untuk SELURUH RAKYAT INDONESIA YANG MENJADI KORBAN IMPERIALIS / KOLONIALIS 1511 – 1962 , semoga Allaah selalu mencurahkan kasih sayang kepada mereka).

    ALLAAHUMMAGHFIRLAHUM WARHAMHUM WA’AAFIHIM WA’FU ‘ANHUM
    ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHUM WA LAA TAFTINNAA BA’DAHUM WAGHFIRLANAA WALAHUM
    ———————

    Rabbanaa aatinaa fiddun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa ‘adzaabannaar wa adkhilnal jannata ma’al abraar.

    Rabbanaa taqabbal minna innaka antassamii’ul aliimu wa tub’alainaa innaka antattawwaaburrahiim. Washshalallaahu ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyinaa wa maulaanaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa ummatihi wa baraka wassallam.

    HASBUNALLAAH WANI’MAL WAKIIL NI’MAL MAULA WANI’MAN NASHIIR.

    Subhana rabbika rabbil ‘izzati, ‘amma yasifuuna wa salamun ‘alal anbiyaa-i wal
    mursaliin, walhamdulillahirabbil ‘aalamiin.

    Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘aalamiin.


    Indra Ganie – Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  3. LegendaQQ.Net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    Min Depo 20Rb !!!
    Kartu Para Sang LEGENDA !!!
    WinRate Tertinggi !!!


    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + live chat : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    ReplyDelete