Subscribe:

Ads 468x60px

.

menu

Wednesday, October 16, 2013

persepsi dalam psikologi lengkap dengan prinsip, proses, dalil persepsi, faktor, sifat dan fenomena


Persepsi psikologi

Daftar isi
 1. Pengertian persepsi
2. empat dalil -dalil persepsi
3.Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi
4. Proses persepsi
5.Prinsip persepsi
6. Jenis-jenis persepsi
7. Fungsi dan sifat-sifat dunia persepsi
8. Fenomena dalam persepsi
9. Pembedaan dengan sensasi
10. Determinasi Persepsi
11. Pengaruh Kebudayaan Terhadap Persepsi





 Persepsi

1.Pengertian Persepsi  
Persepsi memiliki banyak sekali pengertian. Secara sederhana persepsi mengandung arti cara seseorang dalam memahami sesuatu atau bagaimana ia melihat suatu objek. Persepsi juga berarti proses pemahaman atau pemberian makna atas suatu informasi terhadap stimulus. Stimulus didapat dari proses penginderaan terhadaop objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan antar gejala yang selanjutnya diproses oleh otak. Lewat persepsi lah, proses kognisi dimulai


Pengetian pesepsi menurut para ahli :
1.      Bimo Walgito menyatakan bahwa persepsi merupakan proses yang terjadi di dalam diri individu yang dimulai dengan diterimanya rangsang, sampai rangsang itu disadari dan dimengerti oleh individu sehingga individu dapat mengenali dirinya sendiri dan keadaan di sekitarnya.
2.      Davidoff  berpendapat bahwa persepsi merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu.
3.      Bower memberikan definisi yang hampir sama dengan kedua tokoh di atas bahwa persepsi adalah interpretasi tentang apa yang diinderakan atau dirasakan individu.

Persepsi dalam arti sempit : adalah penglihatan, bagaimana cara seseorang melihat sesuatu . Dalam arti luas : adalah pandangan atau pengertian , yaitu bagaimana seeseorang memandang atau mengartikan sesuatu.
Persepsi adalah suatu proses penggunaan pengetahuan yang telah dimiliki (yang disimpan didalam ingatan) untuk mendeteksi atau memperoleh dan menginterprestasi stimulus (rangsangan) yang diteriman oleh alat indera seperti mata, telinga, dan hidung (Matlin, 1989; Solso,1988). Secara singkat dapat dikatakan bahwa prsepsi merupakan suatu proses menginterprestasi atau menafsirkan informasi yang diperoleh melalui sistem indera manusia. Misalnya pada waktu seorang melihat sebuah gambar, membaca tulisan, atau mendengar suara tertentu, ia akan melakukan interprestasi berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya dan relevan dengan hal-hal itu.
Presepsi mencakup dua proses yaitu bottom-up atau data driven processing (aspek stimulus), dan top-down atau conceptually driven processing (aspek pengetahuan seseorang). Hasil persepsi seseorang mengenai sesuatu objek disamping dipengaruhi oleh penampilan objek itu sendiri, juga pengetahuan seseorang mengenai objek itu. Ada tiga aspek dalam presepsi yang dianggap sangat relevan dengan kognisi manusia, yaitu pencatatan indera, pengenalan pola, dan perhatian.

2.      Dalil Persepsi
Krech dan Crutchfield merumuskan dalil persepsi, menjadi empat bagian :
1. Dalil persepsi yang pertama : Persepsi bersifat selektif secara fungsional. Berarti objek-objek yang mendapatkan tekanan dalam persepsi biasanya objek-objek yang memenuhi tujuan individu yang melakukan persepsi
2. Dalil persepsi yang kedua : Medan perceptual dan kognitif selalu diorganisasikan dan diberi arti. Kita mengorganisasikan stimuli dengan melihat konteksnya. Walaupun stimuli yang kita terima itu tidak lengkap, kita akan mengisinya dengan interprestasi yang konsisten dengan rangkaian stimuli yang kita persepsi.
3. Dalil persepsi yang ketiga: Sifat-sifat perseptual dan kognitif dari substruktur ditentukan pada umumnya oleh sifat-sifat struktur secara keseluruhan. Jika individu dianggap sebagai anggota kelompok, semua sifat individu yang berkaitan dengan sifat kelompok akan diperngaruhi oleh keanggotaan kelompolmua dengan efek berupa asimilasi atau kontras.
4. Dalil persepsi yang keempat : Objek atau peristiwa yang berdekatan dalam ruang dan waktu atau menyerupai satu sama lain, cenderung ditanggapi sebagai bagian dari struktur yang sama. Dalil ini umumnya betul-betul bersifat structural dalam mengelompokkan objek-objek fisik, seperti titik, garis, kotak atau balok.
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi
Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal.
1. Faktor Internal yang mempengaruhi persepsi, yaitu faktor-faktor yang terdapat dalam diri individu, yang mencakup beberapa hal antara lain :
  • Fisiologis. Informasi masuk melalui alat indera, selanjutnya informasi yang diperoleh ini akan mempengaruhi dan melengkapi usaha untuk memberikan arti terhadap lingkungan sekitarnya. Kapasitas indera untuk mempersepsi pada tiap orang berbeda-beda sehingga interpretasi terhadap lingkungan juga dapat berbeda.
  • Perhatian. Individu memerlukan sejumlah energi yang dikeluarkan untuk memperhatikan atau memfokuskan pada bentuk fisik dan fasilitas mental yang ada pada suatu obyek. Energi tiap orang berbeda-beda sehingga perhatian seseorang terhadap obyek juga berbeda dan hal ini akan mempengaruhi persepsi terhadap suatu obyek.
  • Minat. Persepsi terhadap suatu obyek bervariasi tergantung pada seberapa banyak energi atau perceptual vigilance yang digerakkan untuk mempersepsi. Perceptual vigilance merupakan kecenderungan seseorang untuk memperhatikan tipe tertentu dari stimulus atau dapat dikatakan sebagai minat.
  • Kebutuhan yang searah. Faktor ini dapat dilihat dari bagaimana kuatnya seseorang individu mencari obyek-obyek atau pesan yang dapat memberikan jawaban sesuai dengan dirinya.
  • Pengalaman dan ingatan. Pengalaman dapat dikatakan tergantung pada ingatan dalam arti sejauh mana      seseorang dapat mengingat kejadian-kejadian lampau untuk mengetahui suatu rangsang dalam pengertian luas.
  • Suasana hati. Keadaan emosi mempengaruhi perilaku seseorang, mood ini menunjukkan bagaimana perasaan seseorang pada waktu yang dapat mempengaruhi bagaimana seseorang dalam menerima, bereaksi dan mengingat.
2. Faktor Eksternal yang mempengaruhi persepsi, merupakan karakteristik dari linkungan dan obyek-obyek yang terlibat didalamnya. Elemen-elemen tersebut dapat mengubah sudut pandang seseorang terhadap dunia sekitarnya dan mempengaruhi bagaimana seseoarang merasakannya atau menerimanya. Sementara itu faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi adalah :
  • Ukuran dan penempatan dari obyek atau stimulus. Faktor ini menyatakan bahwa semakin besrnya hubungan suatu obyek, maka semakin mudah untuk dipahami. Bentuk ini akan mempengaruhi persepsi individu dan dengan melihat bentuk ukuran suatu obyek individu akan mudah untuk perhatian pada gilirannya membentuk persepsi.
  • Warna dari obyek-obyek. Obyek-obyek yang mempunyai cahaya lebih banyak, akan lebih mudah dipahami (to be perceived) dibandingkan dengan yang sedikit.
  • Keunikan dan kekontrasan stimulus. Stimulus luar yang penampilannya dengan latarbelakang dan sekelilingnya yang sama sekali di luar sangkaan individu yang lain akan banyak menarik perhatian.
  • Intensitas dan kekuatan dari stimulus. Stimulus dari luar akan memberi makna lebih bila lebih sering diperhatikan dibandingkan dengan yang hanya sekali dilihat. Kekuatan dari stimulus merupakan daya dari suatu obyek yang bisa mempengaruhi persepsi.
  • Motion atau gerakan. Individu akan banyak memberikan perhatian terhadap obyek yang memberikan gerakan dalam jangkauan pandangan dibandingkan obyek yang diam.
Factor lain yang mempengaruhi persepsi individu
a.   Primary Effect : Pentingnya Kesan Pertama
Kesan pertama merupakan faktor penting dalam proses persepsi manusia. Setiap orang dari kita pasti memiliki hari yang baik dan hari yang buruk dalam kehidupan kita, bahkan faktor baik dan buruk tersebut dapat mempengaruhi persepsi oranglain terhadap kita. Apakah ketika kita membuat kesan pertama kita pada hari yang baik atau yang buruk.
Informasi pertama yang kita dapat dari orang lain cenderung mempengaruhi pendapat kita terhadap mereka dibandingkan informasi-informasi selanjutnya. Inilah yang disebut primacy effect sebagai contoh : ketika Budi bertemu dengan Anto seorang yang sangat hebat di bidang Fisika, Budi melihat bahwa Anto ini adalah seorang siswa SMA yang jago Fisika dan menjadi juara kelas, serta ramah dengan siapapun. Kesan pertama Budi akan positif. Setelah itu ketika ia bertemu lagi dengan Anto di kafe, dimana ia duduk sendiri dan setengah mabuk, Budi melihat sisi lain dari Anton. Namun, karena kesan pertama bertemu adalah positif, Budi mengabaikan hal tersebut dan mengira bahwa dia berada di bar sendirian akrena adanya sesuatu yang negatif yang menimpanya. Dan Sebaliknya, ketika mereka bertemu, kesan pertama negatif. Dan ketika keesokan harinya mereka bertemu kesan yang terlihat cukup possitif, namun karena awalnya negatif. Maka kesan yang mendominasi justru yang negatif.
Efek Kesan pertama ( primacy effect) tidak selalu penting dan akan sangat berkurang dalam tiga kondisi sebagi berikut :
1.   Prolonged expose ( paparan yang berkepanjangan)
Prolonged expose cenderung mengurangi pentingnya kesan pertama. Walaupun, membuat kesan pertama yang baik  pada hari pertama bekerja sangat penting, namun anda tidak perlu kuatir karena rekan kerja anda akan mengetahui diri anda yang sebernarnya dengan mengumpulkan informasi dalam jangka panjang, sehingga hal tersebut dapat menghilangkan kesan pertama anda.
2.   Passege of time (Berlalunya waktu)
Seperti yang lainnya, kesan pertama akan dilupakan seiring berjalannya waktu. Jika adanya jangka waktu yang panjang antara kesan pertama dengan kesan selanjutnya, kesan yang terbaru yang lebih mendominasi
3.   Knowledge of primacy effects
Ketika seseorang telah diperingati untuk tidak terpengaruh dengan kesan pertama. Maka primacy effect dapat dikurangi. Dengan adanya Manager atau profesi lainnya yng mampu mempersepsi seseorang secara akurat dapat mengajarkan tentang bahayanya primacy effect, sehingga mengurangi pentingnya primacy effect dalam proses persepsi mereka.
b.    Proximity (kedekatan geografis)
Ini merupakan sebuah hal penting, namun tidak romantis yang menyebabkan ketertarikan. Sangatlah susah untuk jatuh cinta dengan seseroang yang jarang kita temui. Kedekatan fisik dan interpersonal yang dihasilkan sangat penting untuk perkembangan ketertarikan. Sebagai contoh : kamu akan lebih ramah dengan tetangga yang tinggal dekatmu daripada oranglain yang tinggal ditempat yang jauh darimu. Hal ini dikarenakan Proximity meningkatkan ketertarikan, dan pertemuan yang berulang-ulang terhadap seseorang akan meningkatkan rasa suka kita (Zajonc,1968).
c.   Mutual liking                       
Manusia akan lebih tertarik pada orang yang menyukainya daripada orang yang tidak. Menyukai seseorang biasanya akan mengarah pada balasan perasaan yang sama. Mengapa demikian? Alasan pertamanya adalah ketika kita menyukai seseorang, kita akan terlihat lebih menarik secara fisik, khususnya apabila ada sedikit nafsu di dalamnya. Banyak orang yang berkata bahwa jatuh cinta membuat kamu terlihat lebih cantik dan itu benar. Matamu akan lebih menarik, pupil mata akan lebih terbuka ketika kamu melihat seseorang yang kamu anggap menarik secara seksual, dan orang lain akan melihat bahwa pupil yang terbuka sangat menarik secara seksual. Selain itu postur dan gerakan tubuh akan lebih menarik juga. Dengan kata lain, kamu akan lebih memikat secara fisik ketika kamu tertarik
dengan seseorang. Alasan yang lain adalah ketika kamu menyukai seseorang, kamu akan bersikap lebih baik terhadap orang tersebut dan bersikap baik membuat kamu kelihatan lebih menarik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung menyukai orang yang memuji kita atau orang yang banyak membantu kita. Akan tetapi akan ada dampak negatif dari pujian dan perhatian yang terlalu banyak. Apabila terlalu berlebihan, khususnya ketika orang tersebut mengira kamu tidak ikhlas dan mempunyai motif yang egois dari pemberian, pujian, dan bantuanmu, hal itu tidak akan mengarahkan perasaannya ke rasa suka dan malah akan membencinya

4.      Proses persepsi
Salah satu pandangan yang dianut secara luas menyatakan bahwa psikologi, sebagai telaah ilmiah, berhubungan dengan unsur dan proses yang merupakan prantara rangsangan di luar organisme dengan tanggapan fisik organisme yang dapat diamati terhadap rangsangan. Menurut rumusan ini, yang dikenal dengan teori rangsangan-rangasangan(stimulus-respons/SR), persepsi merupakan bagian dari keseluruhan proses yang menghasilkan tanggapan setelah rangsangan diterapkan keapada manusia. Subproses psikologi lainnya yang mungkin adalah pengenalan,prasaan, dan penalaran. persepsi dan kognisi diperlukan dalam semua kegiatan psikologis. Bahkan, diperlukan bagi orang yang paling sedikit terpengaruh atau sadar akan adanya rangsangan menerima dan dengan suatu cara menahan dampak dari rangsangan. Rasa dan nalar bukan merupakan bagian yang perlu dari setiap situasi rangsanga-tanggapan, sekalipun kebanyakan tanggapan individu yang sadar dan  bebas terhadap satu rangsangan atau terhadap satu bidang rangsangan sampai tingkat tertentu dianggap dipengaruhi oleh akal atau emosi atau kedua-duanya.
Perpepsi, pengenalan, penalaran, dan perasaan kadang-kadang disebut variabel psikologis yang muncul di antara rangsangan dan tanggapan. Sudah tentu, ada pula cara lain untuk mengonsepsikan lapangan psikologi, namun rumus S-R dikemukakan di sini karena telah diterima secara luas oleh para psikolog dan karena unsur-unsur dasarnya mudah dipahami dan digunakanoleh ilmu sosial lainnya (Hennessy, 1981:117)
Dari segi psikologi dikatakan bahwa tingkah laku seseorang merupakan fungsi dari cara dia memandang. Dalam proses persepsi, terdapat tiga komponan utama berikut:
1.         Seleksi adalah proses penyaringan oleh indra terhadap rangsangan dari luar, intensitas dan jenisnya dapat banyak atau sedikit.
2.         Interprestasi, yaitu proses mengorganisasikan informasi sehingga mempunyai arti bagi seseorang. Interprestasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pengalaman masa lalu, sistem nilai yang dianut, motivasi, kepribadian, dan kecerdasan. Interprestasi juga bergantung pada kemampuan seseorang untuk mengadakan pengkatagoriaan informasi yang kompleks menjadi sarjana.
3.         Interprestasi dan persepsi kemudian ditrjemahkan dalam bentuk tingkah laku sebagai rekasi (Depdikbud, 1985), dalam Soelaeman, 1987). Jadi, proses persepsi adalah melakukan seleksi, interprestasi, dan pembulatan terhadap informasi yang sampai.
Apa yang kita hayati tidak hanya bergantung pada stimulus, tetapi juga pada proses kognitif yang merefleksikan minat, tujuan, dan harapan seseorang pada saat itu pemusatan persepsi itu disebut “perhatian”.
Perhatian mempunyai fungsi memiliki dan mengarahkan rangsangan-rangsangan yang saampai kepada kita, sehingga tidak kita terma  secara kacau. Perhatian dipengaruhi aleh beberapa faktor yang dapat dibagi atas dua golongan besar, yaitu faktor luar dan faktor dalam. Faktor luar adalah faktor-faktor yang terdapat pada objek yang diamati itu sendiri, intensitas atau ukuran, kontras atau pengulangan, dan gerakan sedangkan faktor dalam adalah adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu si pengamat, yaitu mptif, kesediaan, dan harapan (Dirgagunasra, 1996: 107).
Kita dapat mengilustrasikan bagaimana persepsi bekerja dengan menjelaskan tiga langka yang terlibat dalam prosesnya.tahap-tahap ini tidaklah saling terpisa bener dalam kenyatannya, ketiganya bersifat countinu, bercampur baur, dan berumpang tindih satu sama lain.
1.      Terjadinya stimulasi alat indar (sensory stimulation)
Pada tahap pertama. Alat-alat indra distimulasi (dirangsang): kita mendegarkan alat musik. Kita melihat seorang yang sudah lama tidak kita jumpai. Kita mencium parfum orang yang berdekatan dengan kita. Kiat mencicipi sepotong kue. Kiat merasakan telapak tangan berkeringat ketika kita berjabat tangan.
2.      Stimulasi terhadap alat indra diatur
Pada tahap kedua, rangsangan terhadap alat indar diatur menurut berbagai prinsip. Salah satu prinsip yang  sering digunakan adalah prinsip proksimitas (proximility) atau kemiripan: orang atau pesan secara fisik mirip satu sama lain, dipersepsikan bersama-sama, atau sebagai suatu kesatuan (unity).
3.      Stimulasi alat indra ditafsirkan-dievaluasi
Langkah ketiga ini merupakan proses subjektif yang melibatkan evaluasi dipihak penerima. Penafsiran/evaluasi tidak semata-mata didasarkan pada rangsangan luar, melaikan juga sangat dipengaruhi pengalaman masa lalu, kebutuhan, keinginan, sistem nilai, keyalinan tenyang yang seharusnya, keadaan fisik dan emosi pada saat itu, dan sebagainya yang ada pada kita.

5.      Prisip persepsi
Prinsip-Prinsip Persepsi Berdasarkan Teori Gestalt.
Sebagian besar dari prinsip-prinsip persepsi merupakan prinsip pengorganisasian berdasarkan teori Gestalt. Teori Gestalt percaya bahwa persepsi bukanlah hasil penjumlahan bagian-bagian diindera seseorang, tetapi lebih dari itu merupakan keseluruhan [the whole]. Teori Gestalt menjabarkan beberapa prinsip yang dapat menjelaskan bagaimana seseorang menata sensasi menjadi suatu bentuk persepsi.
Gambar berikut menunjukkan bahwa persepsi manusia bukanlah hasil penjumlahan unsur-unsurnya. Segitiga terbalik ditambah bujursangkar biru yang terpotong, tetapi seseorang dapat melihat ada segitiga putih di tengah walau tanpa garis yang membentuk segitiga tersebut.



Prinsip persepsi yang utama adalah prinsip figure and ground. Prinsip ini menggambarkan bahwa manusia, secara sengaja maupun tidak, memilih dari serangkaian stimulus, mana yang menjadi fokus atau bentuk utama [=figure] dan mana yang menjadi latar [=ground].

Contoh gambar gadis dan nenek, menunjukkan bahwa seseorang dapat menjadikan bentuk gadis sebagai figure, dan detil yang lain sebagai ground, atau sebaliknya.

Beberapa contoh visual lain dapat dilihat berikut ini.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, secara sengaja atau tidak, kita akan lebih memperhatikan stimulus tertentu dibandingkan yang lainnya. Artinya, kita menjadikan suatu informasi menjadi figure, dan informasi lainnya menjadi ground. Salah satu fenomena dalam psikologi yang menggambarkan prinsip ini adalah, orang cenderung mendengar apa yang dia ingin dengar, dan melihat apa yang ingin dia lihat.
Prinsip Pengorganisasian            
Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan orang akan mempersepsikan beberapa orang yang sering terlihat bersama-sama sebagai sebuah kelompok / peer group. Untuk orang yang tidak mengenal dekat anggota “kelompok” itu, bahkan akan tertukar identitas satu dengan yang lainnya, karena masing-masing orang [sebenarnya ada 4 lajur titik] terlabur identitasnya dengan keberadaan orang lain [dipersepsi sebagai 2 kelompok titik].
Prinsip similarity; seseorang akan cenderung mempersepsikan stimulus yang sama sebagai satu kesatuan.
Prinsip continuity; prinsip ini menunjukkan bahwa kerja otak manusia secara alamiah melakukan proses melengkapi informasi yang diterimanya walaupun sebenarnya stimulus tidak lengkap.
Gestalt Theory
Menurut teori Gestalt secara alamiah manusia memiliki kecenderungan-kecenderungan tertentu dan melakukan penyederhanaan struktur di dalam mengorganisasikan objek-objek persepsual (Brennan, 1991;Hayes, 1978). Stimulus dari lingkungan cenderung diklasifikasikan menjadi pola-pola tertentu dengan cara-cara yang sama oleh kebanyakan orang. Teori Gestalt mengajukan beberapa prinsip tentang kecenderungan-kecenderungan orang didalam pengenalan pola yang berkaitan dengan dengan objek atau informasi visual, antara lain
a. Prinsip kedekatan (proximity), objek-objek visual yang terletak berdekatan atau tampil didalam waktu yang bersamaan cenderung dipersepsikan sebagai satu kesatuan
b. Prinsip kemiripan (similarity), objek-objek visual yang memiliki struktur sama atau mirip cenderung di persepsi atau dilihat sebagai satu  kesatuan (kelompok).
c. Prinsip searah (direction), objek-objek visual cenderung dipersepsikan sebagai  satu kesatuan apabila berada di dalam satu arah pandangan.
d. Prinsip ketutupan (closure), elemen-elemen objek stimulus yang kurang lengkap cenderung dilihat secara lengkap.
e. Prinsip pragnan, tata letak sejumlah objek meski kurang beraturan cenderung dipersepsikan secara baik, sederhana dan bermakna tertentu.
Dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah fenomena tentang bagaimana gosip bisa begitu berbeda dari fakta yang ada. Fakta yang diterima sebagai informasi oleh seseorang, kemudian diteruskan ke orang lain setelah “dilengkapi” dengan informasi lain yang dianggap relevan walaupun belum menjadi fakta atau tidak diketahui faktanya.
6.      Jenis-jenis persepsi
Proses pemahaman terhadap rangsang atau stimulus yang diperoleh oleh indera menyebabkan persepsi terbagi menjadi beberapa jenis.
Persepsi visual
Untuk melihat contoh persepsi visual, silahkan lihat gambar-gambar disini. Persepsi visual didapatkan dari penglihatan. Penglihatan adalah kemampuan untuk mengenali cahaya dan menafsirkannya, salah satu dari indra. Alat tubuh yang digunakan untuk melihat adalah mata. Banyak binatang yang indra penglihatannya tidak terlalu tajam dan menggunakan indra lain untuk mengenali lingkungannya, misalnya pendengaran untuk kelelawar. Manusia yang daya penglihatannya menurun dapat menggunakan alat bantu atau menjalani operasi lasik untuk memperbaiki penglihatannya.
Persepsi ini adalah persepsi yang paling awal berkembang pada bayi, dan mempengaruhi bayi dan balita untuk memahami dunianya. Persepsi visual merupakan topik utama dari bahasan persepsi secara umum, sekaligus persepsi yang biasanya paling sering dibicarakan dalam konteks sehari-hari.
Persepsi auditori
Persepsi auditori didapatkan dari indera pendengaran yaitu telinga. Pendengaran adalah kemampuan untuk mengenali suara. Dalam manusia dan binatang bertulang belakang, hal ini dilakukan terutama oleh sistem pendengaran yang terdiri dari telinga, syaraf-syaraf, dan otak.
Tidak semua suara dapat dikenali oleh semua binatang. Beberapa spesies dapat mengenali amplitudo dan frekuensi tertentu. Manusia dapat mendengar dari 20 Hz sampai 20.000 Hz. Bila dipaksa mendengar frekuensi yang terlalu tinggi terus menerus, sistem pendengaran dapat menjadi rusak
Persepsi perabaan
Persepsi perabaan didapatkan dari indera taktil yaitu kulit. Kulit dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian epidermis, dermis, dan subkutis.
Kulit berfungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya otot dan tulang; sebagai alat peraba dengan dilengkapi bermacam reseptor yang peka terhadap berbagai rangsangan; sebagai alat ekskresi; serta pengatur suhu tubuh. Sehubungan dengan fungsinya sebagai alat peraba, kulit dilengkapi dengan reseptor reseptor khusus. Reseptor untuk rasa sakit ujungnya menjorok masuk ke daerah epidermis. Reseptor untuk tekanan, ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis. Reseptor untuk rangsang sentuhan dan panas, ujung reseptornya terletak di dekat epidermis.
Persepsi penciuman
Persepsi penciuman atau olfaktori didapatkan dari indera penciuman yaitu hidung. Penciuman, penghiduan, atau olfaksi, adalah penangkapan atau perasaan bau. Perasaan ini dimediasi oleh sel sensor tespesialisasi pada rongga hidung vertebrata, dan dengan analogi, sel sensor pada antena invertebrata. Untuk hewan penghirup udara, sistem olfaktori mendeteksi zat kimia asiri atau, pada kasus sistem olfaktori aksesori, fase cair. Pada organisme yang hidup di air, seperti ikan atau krustasea, zat kimia terkandung pada medium air di sekitarnya. Penciuman, seperti halnya pengecapan, adalah suatu bentuk kemosensor. Zat kimia yang mengaktifkan sistem olfaktori, biasanya dalam konsentrasi yang sangat kecil, disebut dengan bau.
Persepsi pengecapan
Persepsi pengecapan atau rasa didapatkan dari indera pengecapan yaitu lidah. Pengecapan atau gustasi adalah suatu bentuk kemoreseptor langsung dan merupakan satu dari lima indra tradisional. Indra ini merujuk pada kemampuan mendeteksi rasa suatu zat seperti makanan atau racun. Pada manusia dan banyak hewan vertebrata lain, indra pengecapan terkait dengan indra penciuman pada persepsi otak terhadap rasa. Sensasi pengecapan klasik mencakup manis, asin, masam, dan pahit. Belakangan, ahli-ahli psikofisik dan neurosains mengusulkan untuk menambahkan kategori lain, terutama rasa gurih (umami) dan asam lemak.
Pengecapan adalah fungsi sensoris sistem saraf pusat. Sel reseptor pengecapan pada manusia ditemukan pada permukaan lidah, langit-langit lunak, serta epitelium faring dan epiglotis.
7.      Fungsi dan sifat-sifat dunia persepsi

A.    fungsi persepsi
Penelitian tentang persepsi mencakup dua fungsi utama sistem persepsi, yaitu lokalisasi atau menentukan letak suatu objek, dan pengnalan, ,menentukan jenus objek tersebut (Artkinson et al., t.t). lokalisasi dan pengenalan dilakukan oleh daerah korteks yang berbeda. penelitian persepsi juga menggurusi cara sistem perseptual mempertahankan bentuk objek tetap konstan, walaupun citra (bayangan) objek diretina. Menurut Artkonson dan kwan kawanya, untuk melokalisasi (menentukan lokasi), kita terlebih dahulu harus menyegregasikan objek kemudian mengorganisasikan objek menjadi keelompok.
Pengenalan suatu benda mengharuskan penggolongnya dalam katagori dan pendasaranya terutama pada  bentuk benda. Dalam stadium awal pengenalan, sistem visual menggunakan informasi diretina untuk mendeskripsikan objek dalam pengertian ciri, seperti garis dan sudut ; sel yang mendeteeksi ciri tersebut (detektor ciri) telah ditemukan di korteks visual. Dalam stadium lanjut, pengenalan, sistem mencocokkan deskripsi bentuk yang disimpan dimemori untuk ditemukan yang paling cocok.

B.     Sifat-sifat dunia persepsi
Pada hakikatnya dunia persepsi merupakan suatu keseluruhan.bunyi-bunyi yang saya dengar berasal dari dunia yang juga saya lihat. Meja yang saya lihat adalah sama dengan yang saya raba. Jadi, hanya ada satu dunia persepsi, namun dunia yang satu itu saya amati dengan cara berbeda.
Dunia persepsi mempunyai berbagai sifat (Verbeek, 1978). Beberapa sifat itu berlaku untuk segala yang diamati atau dipersepsi. Jadi, berlaku untuk dunia persepsi pada umumnya. Yang lain, merupakan sifat-sifat yang khas dari persepsi dengan indra tertentu.

a.        Sifat-sifat umum persepsi

1.       Dunia persepsi mempunyai sifat-sifat ruang. Objek-objek yang dipersepsi itu “meruang”, berdimensi ruang. Mengenal persepsi ruang ini mengandung persoalan-persoalan psikolosis yang penting, terutama penglihatan sifat ruang (tiga dimensi). Tiga dimensi tersebut adalah :
a. Dimensi evaluasi yaitu penilaian untuk memutuskan sifat baik buruk, disukai-tidak disukai, positif-negatif pada orang lain.
b. Dimensi potensi yaitu kualitas dari orang sebagai stimulus yang diamati (kuat-lemah, sering-jarang, jelas-tidak jelas).
c. Dimensi aktivitas yaitu sifat aktif atau pasifnya orang sebagai stimulus yang diamati.

2.       Dunia persepsi mempunyai dimensi waktu. Dalam hal ini terdapat kestabilan yang luas. Objek-bjek persepsi kurang lebih bersifat tetap. Namun, kita juga harus mempersepsi adanya perubahan yang terjadi dalam waktu.
3.       Dunia persepsi itu berstruktur menurut berbagai objek persepsi. Di situ berbagai keseluruhan yang kurang lebih berdiri sendiri menampakkan diri
4.       Dunia persepsi adalah suatu dunia yang penuh dengan arti.
5.       Mempersepsi tidaklah sama dengan mengonstatir benda dan kejadian tanpa makna. Yang kita persepsi selalu merupakan tanda-tanda, ekspresi-ekpsresi, benda-benda dengan fungsi, relasi-relasi yang peenuh arti, serta kejadian-kejadian.
Persepsi bukanlah suatu fungsi yang terisolasi, melainkan erat berhubungan dengan lain-lain fungsi manusia. Yang mempersepsi bukanlah hanya suatu indra yang terisolasi saja, melainkan seluruh pribadi. Oleh karna itu, apa yang kita persepsi sangat bergantung pada pengetahuan serta pengalaman, dari perasaan, keinginan dan dugaan-dugaan kita. Dengan demikian, studi mengenai persepsi juga harus menyelidiki faktor-faktor yang memegaruhi persepsi.
b.      Sifat-sifat yang khusus bagi masing-masing indra tersendiri. Diantara sifat-sifat, terdapat berbagai kelompok yang khusus bagi indra-indra.merah dan kuning termasuk kelompok yang berlainan dengan asam dan asin. Suatu keseluruhan sifat sensoris yang khas bagi suatu indra tertentu kita sebut modalitas. Warna adalah suatu modalitas yang khusus bagi mata (penglihatan), bunyi bagi telinga(pendegaran). Dalam suatu maodalitas tertentu, dapat dibedakan kwalitas-kwalitas indra.
                                        
Jadi sesuai dengan jumlah modalitas, dapat juga dibedakan seejumlah indra. Angapan  klasik membedakan lima macam indra; penglihatan, pendegaran, pembau, pengcap, dan “rasa” atau pembeda. Namun, apayang disebut indra kelima ini, tidak  mengcakup keseluruhan yang homo gen dari kwalitas-kwalitas sensoris.

8.       Fenomena dalam persepsi

a. Persepsi bawah  sadar (sublimical perception) 
Persepsi terhadap suatu objek dapat terjadi tanpa disengaja atau disadari oleh seseorang. Biasanya persepsi tersebut tertuju pada objek, gambar atau kata-kata yang ditampilkan di dalam  waktu yang relatif singkat atau sedikit dalam rangkaian suatu peristiwa. Persepsi subliminal terjadi apabila stimulus yang tampaknya tidak diperhatikan atau tanpa disadari keberadaanya oleh seseorang namun secara diam-diam  stimulus itu mempengaruhi perilaku orang yang bersangkutan dikemudian hari.
Persepsi Subliminal terjadi ketika stimulus disajikan di bawah ambang batas atau Limen untuk kesadaran ditemukan untuk mempengaruhi pikiran, perasaan , atau tindakan . Istilah persepsi subliminal awalnya digunakan untuk menggambarkan situasi di mana  rangsangan yang lemah dipandang tanpa kesadaran .

b. Ilusi atau kesalahan persepsi (error of perception)
Kesalahan persepsi biasanya disebut ilusi (illusion) terjadi ketika seseorang mempersepsi suatu obje secara tidak tepat atau tidak sesuai dengan keadaan semestinya (realitas objektif).
1.    Ilusi disebabkan faktor-faktor eksternal
Gambar pada cermin serta gaung suara adalah ilusi tipe ini. Gambar atau bayangan dicermin kelihatannya terletak dibelakang kaca, ini disebabkan dari arah itulah cahaya datang mengenai mata kita. Gaung datang dari arah yang berlawanan dengan posisi kita berdiri, karena di situ pula suara tidak masuk kedalam telinga kita.
2.   Ilusi disebabkan kebiasaan
Rangsangan-rangsangan yang disajikan sesuai dengan kebiasaan kita dalam mengenali, kita akan lebih mudah menimbulkan ilusi bila otak kita bisa dengan pengindraan visual yang mengandalkan perspektif maka akan terjadi kesalahan.
3.   Ilusi karena kesiapan mental atau harapan tertentu
Jika kita kehilangan sesuatu dan ingin sekali menemukannya kembali. Anda akan sering melihat sesuatu yang mirip barang tersebut.
4.   Ilusi karena kondisi rangsang terlalu kompleks
Bila rangsang yang diamati terlalu kompleks, maka rangsang tersebut dapat menutup-nutupi atau menyamarkan fakta-fakta objektif dari objek atau gejala tertentu.

c. Menghindar persepsi (perceptual defence)
Fenomena menghindar atau menolak agar tidak terjadi suatu persepsi terhadap stimulus yang dihadirkan pada seseorang, Seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya stimulus yang bermuatan emosi cenderung kurang siap untuk dipersepsikan daripada stimulus yang netral (Eysenck, 1984) contoh apabila kepada seseorang diucapkan kata tabu, cabul atau dapat membangkitkan kenangan masa lalu yang traumatis, maka ia cenderung akan menghindari untuk mempersepsi kata-kata itu. Biasanya dilakukan seseorang dengan menutup telinganya, memalingkan muka atau mengalihkan perhatiannya kepada pembicaraan yang lain untuk menghindari terjadinya persepsi terhadap ucapan-ucapan itu. Situasi ini mengakibatkan stimulus itu tidak berada dalam kesadaran penuh yang siap dipersepsikan oleh seseorang melainkan diambang kesadaran (threshold)

9.      Pembedaan dengan sensasi
Istilah persepsi sering dikacaukan dengan sensasi. Sensasi hanya berupa kesan sesaat, saat stimulus baru diterima otak dan belum diorganisasikan dengan stimulus lainnya dan ingatan-ingatan yang berhubungan dengan stimulus tersebut. Misalnya meja yang terasa kasar, yang berarti sebuah sensasi dari rabaan terhadap meja.
Sebaliknya persepsi memiliki contoh meja yang tidak enak dipakai menulis, saat otak mendapat stimulus rabaan meja yang kasar, penglihatan atas meja yang banyak coretan, dan kenangan di masa lalu saat memakai meja yang mirip lalu tulisan menjadi jelek.
Dinamika Persepsi
Persepsi [perception] merupakan konsep yang sangat penting dalam psikologi, kalau bukan dikatakan yang paling penting. Melalui persepsilah manusia memandang dunianya. Apakah dunia terlihat “berwarna” cerah, pucat, atau hitam, semuanya adalah persepsi manusia yang bersangkutan. Persepsi harus dibedakan dengan sensasi [sensation]. Yang terakhir ini merupakan fungsi fisiologis, dan lebih banyak tergantung pada kematangan dan berfungsinya organ-organ sensoris. Sensasi meliputi fungsi visual, audio, penciuman dan pengecapan, serta perabaan, keseimbangan dan kendali gerak. Kesemuanya inilah yang sering disebut indera.
Jadi dapat dikatakan bahwa sensasi adalah proses manusia dalam dalam menerima informasi sensoris [energi fisik dari lingkungan] melalui penginderaan dan menerjemahkan informasi tersebut menjadi sinyal-sinyal “neural” yang bermakna. Misalnya, ketika seseorang melihat (menggunakan indera visual, yaitu mata) sebuah benda berwarna merah, maka ada gelombang cahaya dari benda itu yang ditangkap oleh organ mata, lalu diproses dan ditransformasikan menjadi sinyal-sinyal di otak, yang kemudian diinterpretasikan sebagai “warna merah”.
Berbeda dengan sensasi, persepsi merupakan sebuah proses yang aktif dari manusia dalam memilah, mengelompokkan, serta memberikan makna pada informasi yang diterimanya. Benda berwarna merah akan memberikan sensasi warna merah, tapi orang tertentu akan merasa bersemangat ketika melihat warna merah itu, misalnya.
10.  Determinasi Persepsi
Di samping faktor-faktor teknis seperti kejelasan stimulus [mis. suara yang jernih, gambar yang jelas], kekayaan sumber stimulus [mis. media multi-channel seperti audio-visual], persepsi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis. Faktor psikologis ini bahkan terkadang lebih menentukan bagaimana informasi/pesan/stimulus dipersepsikan.
Faktor yang sangat dominan adalah faktor ekspektansi dari si penerima informasi sendiri. Ekspektansi ini memberikan kerangka berpikir atau perceptual set atau mental set tertentu yang menyiapkan seseorang untuk mempersepsi dengan cara tertentu. Mental set ini dipengaruhi oleh beberapa hal.
Ketersediaan informasi sebelumnya; ketiadaan informasi ketika seseorang menerima stimulus yang baru bagi dirinya akan menyebabkan kekacauan dalam mempersepsi. Oleh karena itu, dalam bidang pendidikan misalnya, ada materi pelajaran yang harus terlebih dahulu disampaikan sebelum materi tertentu. Seseorang yang datang di tengah-tengah diskusi, mungkin akan menangkap hal yang tidak tepat, lebih karena ia tidak memiliki informasi yang sama dengan peserta diskusi lainnya. Informasi juga dapat menjadi cues untuk mempersepsikan sesuatu.
Kebutuhan; seseorang akan cenderung mempersepsikan sesuatu berdasarkan kebutuhannya saat itu. Contoh sederhana, seseorang akan lebih peka mencium bau masakan ketika lapar daripada orang lain yang baru saja makan.
Pengalaman masa lalu; sebagai hasil dari proses belajar, pengalaman akan sangat mempengaruhi bagaimana seseorang mempersepsikan sesuatu. Pengalaman yang menyakitkan ditipu oleh mantan pacar, akan mengarahkan seseorang untuk mempersepsikan orang lain yang mendekatinya dengan kecurigaan tertentu. Contoh lain yang lebih ekstrim, ada orang yang tidak bisa melihat warna merah [dia melihatnya sebagai warna gelap, entah hitam atau abu-abu tua] karena pernah menyaksikan pembunuhan. Di sisi lain, ketika seseorang memiliki pengalaman yang baik dengan bos, dia akan cenderung mempersepsikan bosnya itu sebagai orang baik, walaupun semua anak buahnya yang lain tidak senang dengan si bos.
Faktor psikologis lain yang juga penting dalam persepsi adalah berturut-turut: emosi, impresi dan konteks.
Emosi; akan mempengaruhi seseorang dalam menerima dan mengolah informasi pada suatu saat, karena sebagian energi dan perhatiannya [menjadi figure] adalah emosinya tersebut. Seseorang yang sedang tertekan karena baru bertengkar dengan pacar dan mengalami kemacetan, mungkin akan mempersepsikan lelucon temannya sebagai penghinaan.
Impresi; stimulus yang salient / menonjol, akan lebih dahulu mempengaruhi persepsi seseorang. Gambar yang besar, warna kontras, atau suara yang kuat dengan pitch tertentu, akan lebih menarik seseorang untuk memperhatikan dan menjadi fokus dari persepsinya. Seseorang yang memperkenalkan diri dengan sopan dan berpenampilan menarik, akan lebih mudah dipersepsikan secara positif, dan persepsi ini akan mempengaruhi bagaimana ia dipandang selanjutnya.
Konteks; walaupun faktor ini disebutkan terakhir, tapi tidak berarti kurang penting, malah mungkin yang paling penting. Konteks bisa secara sosial, budaya atau lingkungan fisik. Konteks memberikan ground yang sangat menentukan bagaimana figure dipandang. Fokus pada figure yang sama, tetapi dalam ground yang berbeda, mungkin akan memberikan makna yang berbeda.
11.  Pengaruh Kebudayaan Terhadap Persepsi
Dalam pendekatan konvensional, persepsi masih dikaitkan dengan faktor-faktor saraf  dan faalnya  saja. Misalnya:  persepsi  tentang kedalaman (3 dimensi) di tentukan oleh pandangan dua mata (binokular) dimana terdapat perbedaan antara stimuli yang ditangkap antara retina kanan dan retina kiri (retinal disparity).                                                       
Contoh Pengaruh Kebudayaan Terhadap  Persepsi
Pengaruh kebudayaan tersebut bisa kita lihat pada suku-suku Afrika primitif yang hanya terbiasa dengan lingkungan alamiah dimana karya-karya merekapun lebih banyak berbentuk lingkaran-lingkaran dan lengkungan-lengkungan, tidak akan mengalami gejala ilusi Muller-Lyer  jika kepada meraka diperlihatkan kedua garis diatas karena persepsi mereka tidak dipengaruhi oleh kebiasaan  melihat garis-garis dan sudut-sudut. Buat  mereka, garis-garis  pada gambar  1 dan 2 akan dipersepsikan sama panjang.
 Pengaruh kebudayaan termasuk kebiasaan hidup, tampak juga  dalam berbagai gejala hubungan manusia dengan lingkungan dalam kehudupan sehari-hari.  Penduduk  perkampungan kumuh di kota-kota  besar biasa menggunakan air kali untuk kepentingan mandi mencuci, dan kakus  mempersepsikan air kali itu sebagai sesuatu hal yang masih dalam batas-batas  optimal  sehingga mereka menggunakan ai kali itu  dengan enak saja. Sebaliknya orang biasa tinggal dipermukiman mewah, tidak mungkin akan menggunakan air  kali itu. Dengan demikian ,jelaslah bahwa persepsi ditentukan oleh pengalaman dan pengalaman dipengaruhi oleh kebudayaan.








Referensi

94 komentar:

  1. minta ijin aku minta pengertian persepsi menurut para ahlinya. terimakasih tulisannya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahmad Roihan: Persepsi Dalam Psikologi Lengkap Dengan Prinsip, Proses, Dalil Persepsi, Faktor, Sifat Dan Fenomena >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Ahmad Roihan: Persepsi Dalam Psikologi Lengkap Dengan Prinsip, Proses, Dalil Persepsi, Faktor, Sifat Dan Fenomena >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Ahmad Roihan: Persepsi Dalam Psikologi Lengkap Dengan Prinsip, Proses, Dalil Persepsi, Faktor, Sifat Dan Fenomena >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK Cg

      Delete
  2. bagus bgt buat jd refrensi tugasku, makasih banyak ya mas utk info2nya..

    ReplyDelete
  3. trimakasih banyak atas ilmunya... bisa dijadikn sumber makalah.

    ReplyDelete
  4. Izin materinya mas.. Mau di jadiin referensi. Makasi sebelumnya.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas ilmunya.. bisa dijadikan referensi tugas..

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas ilmunya.. bisa dijadikan referensi tugas..

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas ilmunya. saya izin untuk dijadikan referensi yaa

    ReplyDelete
  8. Terimakasih referensinya gan,tp itu daftar pustaka ngga ada bukunya ya?

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Hi, I’m Smith warner. I’m a student living in Miami, Florida. I am a fan of technology, design, and software. I’m also interested in web development and Software. You can visit my website with a click on the button Below.

    Mcafee.com/activate
    Mcafee activate
    Mcafee Activate 25 digit code
    norton.com/setup
    norton setup
    office.com/setup
    office setup
    office.com/setup
    office setup

    ReplyDelete

  11. This is a tool in Microsoft Word that checks what you’re typing as you type it. It has a list of sequences of characters to look for. If you type some characters that match one of the entries in the list, the program automatically changes what you typed to what it thinks should be there (by what is specified in the list). By default, the list that AutoCorrect uses contains the most common typos and spelling errors, along with some symbols
    Office.com/Setup |
    office Setup |
    mcafee.com/activate |
    mcafee activate |

    pencil penting

    ReplyDelete
  12. if you want assist for yahoo mail account and remove your issues. We provide the best service for yahoo support who are available 24 hours for your help.

    Are you facing some yahoo relevant problems? we provide the best yahoo support assistant for yahoo account users across the world. We have world-class technicians who are available 24 hours for your help. So call us at 1-800-382-3046 to fix your printer installation or activation relevant issues.

    ReplyDelete
  13. After visiting www.office.com/setup login to microsoft account to make a attain of your hands on treaty of office setup, Any complexity in office com setup our dexterous will support for office install.
    office.com/setup
    www.office.com/setup
    office setup
    office com setup

    ReplyDelete
  14. I appreciate your post, Please Keep posting with more information…
    Get all-round system protection at norton.com/setup. Download the Norton setup, install it, and then activate it on www.norton.com/setup. http://nortoncomnortonnorton.com
    www.norTon.com/setup
    norton.com/setup
    Norton setup

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Let Experts Help You With Any Problem With Binance Software

    Call 1833-464-7652 if you are unable to eliminate errors that occur in the Binance account all of sudden? The majority of users are unable to deal with such errors and to get assistance directly from the experts, you can always ask for guidance from the skilled team who is always ready to guide you. Whenever you are in trouble, you can always call on Binance support number which is always functional and the team is ready to guide you. Contact the team for providing results that are easy to execute and start your trading process on the exchange again without facing any trouble.

    ReplyDelete
  17. Download office setup and enter the product key in story to office.com/setup and profit portion of be high and sober going concerning for put into taking in the in the tally going on more to effect Office setup after installation in metaphor to speaking your computer as speedily as startup apps if windows along in the craving of mammal of hit put into squabble out or mac hit the gear button regard as creature the share for an complimentary skepticism your hands no psychoanalysis in fable to repaired as speedily as office setup investigate experts Alert to put into doling out office apps to profit bond of not found to use it, resolve office setup installation due to memory file not found.

    ReplyDelete
  18. Why Do errors Appear while Installing Office?
    The office is one of the most important, best and therefore the top-rated Productivity Software within the market. Office.com/Setup
    This just creates an area for a lot of errors and warnings for the software to possess while installing or while running. there's a transparent need for the software to run on a system that doesn't have any fault and has all the dependencies within the system to run office smoothly, in case any of the need isn't met, the software will simply produce a mistake or a warning which will not allow you to continue the method till the error is fixed and removed in order that you'll have smooth and delightful running software with none problem. If the errors were made to be ignored, it could cause data loss later, so these errors and warnings are permanent.

    ReplyDelete
  19. Thankyou for Sharing The Awesome Blog Post I Found This Article
    To Be Very Infromative and Helpfull, I am a Web Developer and
    Graphic Designer From Canada and I Love to read and Write Blog About
    New Techonology Trends.
    Some Of My Web Blogs
    Click to Process
    norton.com/setup
    www.norton.com/setup
    login.norton.com
    my.norton.com
    norton.com/core
    norton.com/enroll
    norton support
    norton com setup
    norton chat support

    ReplyDelete
  20. You can now freely use roku without credit card, debit card, PayPal, banking or other info on file. You can even use a different name and address if you want to maintain total privacy.

    ReplyDelete
  21. Still, if you excel in your field if you didn't get into a good institution all of your money and time becomes waste. This is the reason why student looks for the best study abroad consultants in Delhi, as they will guide them to get selected in one of the best institutes around the world. If you are looking for the best country for you to study then keep reading this blog.

    ReplyDelete
  22. Hp Support Assistant becomes handy because it automatically find and install the latest updates for your device. It is a utility given by the HP for the well being of their customers.

    ReplyDelete
  23. This is the best post I have ever seen. Very clear and simple. Mid-portion Is quite interesting though. Keep doing this. I will visit your site again. Tom Hardy Jacket

    ReplyDelete
  24. Activate your amazon prime in simple step follow the amazon website offical www.amazon.com/mytv or primevideo.com/mytv to activate your amazon prime in your device.

    ReplyDelete
  25. wahhh keren banget mas sangat berguna nih gua suka artikel persepsi dalam psikologi lengkap dengan prinsip, proses, dalil persepsi, faktor, sifat dan fenomena celotehpraja.com

    ReplyDelete
  26. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.
    benjamin button leather jacket

    ReplyDelete
  27. Best method to create your primevideo mytv enter code account through the activation process by primevideo.com. You need to follow the instructions to activate www.amazon.com loin mytv. If you are viewing Amazon Prime Video on your device go toamazon.com enter code.

    ReplyDelete
  28. Home Cleaning Services Near Me
    ===========================
    Cleangic | Home Cleaning Services Near Me | At Home Parlour Services Near Me
    Cleangic provides Commercial Cleaning, Residential Cleaning services in Delhi, PG/Hostel Cleaning, Sanitizing, Room Cleaning, Birthday Decoration, Best Ac Repair, Salon Services and Women Home Parlour Services at your home.
    We are Providing these Below services with Location wise in affordable price:
    Home Cleaning Services in Laxmi nagar Delhi Ncr
    Best Commercial Cleaning service in Laxmi nagar Delhi
    Best Residential Cleaning service in Laxmi nagar Delhi
    Best PG/Hostel Cleaning service in Laxmi nagar Delhi
    Best Sanitizing Service in Laxmi nagar Delhi
    Best Celebration Specials Services in Laxmi nagar Delhi

    ReplyDelete
  29. To watch online prime recordings on gadgets like laptops, PCs, cell phones, and keen television. You need to enter the 6 digit amazon enactment code at www.amazon.com/mytv or Primevideo.com/mytv to watch the superb video for nothing. Watch amazon prime scenes on your gadget to sign in or make another amazon account utilizing email and secret phrase.
    Read more…

    ReplyDelete
  30. cash app login is used for sending and receiving money to one directly linked from your bank account. As soon as you sync your debit card with it, you are all ready to start making transactions. One-time Cash App Login is enough to make easier transactions without coming across any hassle.

    ReplyDelete
  31. aol mail login - aol mail sign in is a free web-based email service provided by AOL. AOL webmail enables its users to check and send emails directly on a browser.

    To Get to the Amazon account, you should simply to enlist from your gadget and utilize the www.amazon.com/mytv enter code Wii that is of 5 to 6 character and it is arranged in the Amazon video application on the TV or the gadget.

    ReplyDelete
  32. You can fubo.tv/activate by entering the code on the screen fubo.tv/connect enter code. You must know that if you are experiencing issues with signing in on your Apple devices. if you have forgotten your details, you can log in with fubo.tv/connect code to proceed and check the app version. fubo.tv/Connect

    ReplyDelete
  33. Given article is very helpful and very useful for my admin, and pardon me permission to share articles here hopefully helped :

    Top astrologer in Arkansas,
    Divorce Problem Solution,
    Indian Psychic & Astrologer,
    Hanuman Puja In Texas,

    ReplyDelete
  34. coinbase login gained a lot of spotlight and appreciation, which led it to become the leading cryptocurrency exchange in all of the United States.

    ReplyDelete
  35. kraken login is more than just a Bitcoin trading platform. Come see why our cryptocurrency exchange is the best place to buy, sell, trade and learn about crypto.

    To have your own coinbase login account from where you can trade in some major cryptocurrencies of the world, you need to sign up to get started.

    etoro login - Sign into your #eToroaccount and start trading and investing. Sign in with your username, Facebook or Google account.

    ReplyDelete
  36. Mobilink jazz internet packages 3G/4G Daily, Weekly and Monthly All List and Complete Information. How to Subscribe, Status, MBs, GB check Cods and Price...
    Mobilink jazz whatsapp package 5000 MBs and 12000 SMS only Rs 70 all information and subscribe, status and check Code...
    newsonhy
    newsonhy
    pk packages

    ReplyDelete
  37. Hello would you mind letting me know which webhost you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you recommend a good internet hosting provider at a honest price? Many thanks, I appreciate it.Our new website has been launched and we are offering some exciting prices. Check it out now.
    beth dutton orange coat

    ReplyDelete
  38. You brought really good points there.
    I just checked for more information on
    problem and found that most people agree with your opinion on this Website.
    live2d cubism pro crack
    wondershare recoverit crack
    restoro license-key
    outbyte pc repair crack

    ReplyDelete
  39. There is a lot of good information in this post; we need to work on more strategies in this area; thanks for sharing.brown bomber jacket

    ReplyDelete
  40. Wow, this is a fantastic blog layout! How long are they allowed to remain in their current state?
    Have you ever kept a blog of your own? You made it simple to blog.
    Everything about your website is fantastic, not to mention the content.
    adobe acrobat xi pro crack
    ezvid crack
    revo uninstaller crack
    phpstorm crack

    ReplyDelete
  41. Statistics students and professor are worried to find the deviation calculator because their work depends on it. XO Varsity Jacket

    ReplyDelete

  42. Rand mcnally updates


    To follow accurate and exact navigation on your in-dash GPS, get the right maps and directions on your next journey, navigate safely & efficiently, know about terrain contours & elevation, or reach attractions and your all journeys, hotels & restaurants you desire detailed and updated maps. My Dash updates being the reliable companion on every road trip, help you get everything said so far. Call us now - +1-413-570-7624

    garmin honda map update failed


    honda garmin update failed


    garmin honda map update failed


    garmin honda map update failed
    garmin honda map update failed











    ReplyDelete
  43. Hi there!

    Very nice content and blog, I found it very informative and useful, hope to read more nice articles like this one around here,

    Keep sharing the best content,

    Best regards and take care!

    Your follower

    Salvatore from Brazil: Visite Foz do Iguaçu e Faça um Tour nas Cataratas do Iguaçu localizadas dentro Parque Nacional do Iguaçu. Compre seu Ingresso agora mesmo!

    Thanks!

    ReplyDelete
  44. Amazon.com/mytvThis official link will allow you to activate your Amazon Prime membership. Prime VideoAmazon MyTVUsers are required to enter 6-digit authenticationAmazon my tv codesYou can access the online portal by visitingwww.uktvplay/activate
    ok google set up my device
    locast.org activate
    amazon com code

    ReplyDelete
  45. www.amazon.com/code You have just received another Amazon device. What do you do? You will need to figure out how to connect your devices with Prime so that you can watch and tune into select Prime video content from anywhere. Simply create an amazon account and activate it using the amazon my TV activation code.
    amazon code
    amazon.com/code
    amazon.com/us/code
    amazon.com/us/code

    ReplyDelete
  46. Ahmad Roihan: Persepsi Dalam Psikologi Lengkap Dengan Prinsip, Proses, Dalil Persepsi, Faktor, Sifat Dan Fenomena >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Ahmad Roihan: Persepsi Dalam Psikologi Lengkap Dengan Prinsip, Proses, Dalil Persepsi, Faktor, Sifat Dan Fenomena >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Ahmad Roihan: Persepsi Dalam Psikologi Lengkap Dengan Prinsip, Proses, Dalil Persepsi, Faktor, Sifat Dan Fenomena >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete
  47. Woah, such a wonderful blog design! How long are they permitted to continue in this condition
    Have you ever kept your own blog? You made blogging simple.
    Your website is wonderful in every way.Yelena Belova Vest

    ReplyDelete
  48. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. 76e71b8e05caa4b50d17ed8f2d907b2b
    numara onay
    website kurma
    sms onay

    ReplyDelete
  49. Thank you for your explanation, very good content. 04b088357628f53e481806164207c302
    define dedektörü

    ReplyDelete
  50. 66E4E
    ----
    ----
    ----
    ----
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----

    ReplyDelete