Subscribe:

Ads 468x60px

.

menu

Friday, November 22, 2013

PERKEMBANGAN EKONOMI DAN POLITIK PADA AWAL KEMERDEKAAN

A.kondisi Ekonomi keuangan Hingga Tahun 1950

1.Kekacauan Perekonomian 1945-1950

Pada periode 1945 tingkat perekonomian indonesia berada pada titik terendah. Sebab-sebab yang melatarbelakanginya yaitu :

a.Peredaran mata uang yang tak terkendali (HYPERINFLASI)
b.Adanya blokade ekonomi belanda
c.Kosongnya kas Negara

2.Upaya Penyelamatan Perekonomian Indonesia

Meskipun dalam kondisi darurat, pemerintah indonesia tidak mau menyerah pada skenario belanda. Ada beberapa langkah yang diambil pemerintah dalam bidang perekonomian.

a.Mengatasi masalah keuangan
untuk mengatasi masalah keuangan pemerintah mengambil langkah-langkah berikut.

1.Menetapkan tiga mata uang yang berlaku di Indonesia, yaitu mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintahan Hindia Belanda, dan mata uang pendudukan Jepang

2.Pada tanggal 1 Oktober 1946 Pemerintah mengeluarkan uang kertas, yaitu Oeang Repoeblik Indonesia/ORI.

3.Pembentukan Bank Negara Indonesia pada tanggal 1 November 1946 yang bertugas mengatur nilai tukar ORI terhadap Valuta Asing yang ada di Indonesia.

b.Upaya Pemerintah Indonesia untuk menembus Blokade belanda

1.OPERASI POPDA (Panitia Oeroesan Pemulang Djapan dan APWI/Alied Prisoners of war and internees)
2.Diplomasi beras keindia.
3.Mengadakan hubungan dagang langsung dengan luar negri.
4.Mengalihkan kegiatan perdagangan dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.
5.Membentuk Indonesia Office(Indof)

c.Langkah dan kebijakan mengatasi perekonomian
1.Konferensi Ekonomi 1 (Februari 1946)
Konferensi yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menaggulangi masalah-masalah ekonomi ini menghasilakan:
a.konsepsi untuk menghapuskan sistem autokrasi lokal warisan jepang dan menggantikanya dengan sistem senteralisasi.
b.bahan makanan akan ditangani oleh pemerintahan secara senteral oleh organisasi pengawas makanan rakyat yang berubah namanya menjadi badan persediaan dan pembagian makanan(BPPM)
c.semua perkebunan akan diawasi oleh pemerintah untuk meningkatkan produksinya.

2.Konferansi Ekomomi II (6 Mei 1946)
Dalam konferensi ini Presiden Drs. Moh. Hatta memberikan saran-saran dengan rehabilitasi pabrik gula. Ide wakil peresiden ini direalisasikan pada tanggal 21 Mei 1946 dengan dibentuknya Badan Penyelenggara Perusahaan Gula Negara(BPPGN)

3.Planing Board (Badan Perencana Ekonomi)
Badan yang dibentuk pada tanggal 19 Januari 1947 ini bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi jangka waktu dua sampai tiga tahun.

4.Kasimo Plan
Menteri persediaan makanan Rakyat I.J. Kasimo menghasilka rencana produksi lima tahun yang dikenal dengan kasimo palan. Program Kasimo meliputi rencana produksi tiga tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan, yang isinya :
a.memperbanyak kebun bibit dan padi unggul
b.pencegahaan penyembelihan hewan pertanian
c.penanaman kembali tanah kosong
d.Transmigrasi

5.Rekontruksi dan Rasionalisme angkatan perang (Rera) 1948
Rekontruksi dan Rasionalisme bertujuan meningkatkan efisiensi dan mengurangi beban negara dalam bidang ekonomi


B. DINAMIKA POLITIK PADA AWAL KEMERDEKAAN

1.Perubahan sistem Presidensial ke parlementer
Pada tanggal 3 November 1945 diterbitkan maklimat pemrintah yang isinya Pemerintah memberikan kesempatan pendirian partai-partai politik. Sjahrir mengajukan maklumat KNIP No.5 tanggal 11 November 1945 yang isinya pembentukan kabinet dengan susunan mentri yang bekerja kolektif yang dipimpin perdana menteri yang dirunjuk oleh kepala negara.format itu terpaksa disetujui Presiden Soekarno. Akhirnya pada tanggal 14 November 1945 terbentuk kabinet ministarial dengan Sjahrir sebagai perdana mentri. Sejak saat itu Indonesia menerapkan sistem parlementer.

2.Perubahan Fungsi KNIP
Dalam sidang pertama KNIP di Jakarta tanggal 14 Oktober 1945, sutan sjahrir diminta duduk sebagai ketua Badan Pekerja KNIP. Ketika itu sebagian besar anggotanya sedang mengusulkan perubahan fungsi KNIP dari hanya sebagai Badan pembantu Presiden, menjadi lembaga legislatif. Hal itu didukung Hatta yang menerbitkan Maklumat Presiden Nomor X tanggal 16 Oktober 1945 tentang pemberian kekuasaan legislatif kepada KNIP.

3.Perpindahan Ibu Kota Negara
Sampai dengan awal tahun 1946, keadaan Ibu Kota Jakarta sudah semakin kacau. Pemerintah terus didesak dan diteror oleh kekuasaan asingr. Akhirnya, pada tanggal 14 Januari 1946 Ibu Kota dipindah ke Yogyakarta. Pemilihan kota Yogyakarta sebagai Ibu Kota ada beberapa alasanya yaitu:
a.Terdapat markas besar Tentara.
b.Tidak ada kekutan sekutu.
c.Terdapat Laskar Hizbullah dan Laskar Mataram.
d.Yogyakarta mampu menjamin pelaksanaan perjuangan.
e.Letak Yogyakarta yang dekat dengan Semarang dan Surakarta.


C. Konflik Indonesia – Belanda Hingga pengakuan kedaulatan

1.Kedatangan Tentara Sekutu dan NICA
Pada tanggal 24 Agustus 1945 Belanda dan Inggria menandatangani Civil Affairs Agreement (CAA) yang isinya penyarahan wilayah Indonesia kepada Netherlands Indies Civil Administration(NICA).
Adanya kesepakatan ini mebuka kemungkinan bagi Belanda untuk kembali menjajah Indonesia. Pasukan Alied Forcein theNetherlands East Indies(AFNEI) tiba di Indonesia tanggal 30 September 1945. Tugas AFNEI di Indonesia:
1.Menerima kekuasaan dari tangan jepang
2.Membebaskan para tawanan perang dan interniran sekutu
3.Melucuti orang-orang jepang dan mengembalikanya
4.Menjaga keamanan dan ketertiban
5.Menghimpun keterangan guna menyelidiki pihak-pihak yang dianggap sebagai penjahat perang.

2.Pertempuran mempertahankan kemerdekaan Indonesia
a.Pertempuran surabaya
Pada tanggal 30 Oktober 1945 terjadi pertempuran yang hebat di gedung Bank Internatio di Jembatan merah. Pertempuran itu menewaskan Brigjen Mallaby. Akibat tewasnya Brigjen Mallaby, Inggris memberikan ultimatum, yang isinya agar rakyat surabaya menyarah kepada sekutu. Namun rakyat surabaya menolak ultimatum itu, akibatnya tanggal 10 November 1945 Inggris mengerahkan pasukan infanteri dengan senjata berat dan menyerbu surabaya. Pertempuranpun berlangsung selama tiga Bulan dan mengakibatkan 6.000 rakyat Surabaya gugur.

b.Pertempuran Medan Area
Pada tanggal 9 Oktober 1945 Inggris yang diboncengi oleh NICA Mendarat di Medan di bawah pimpinan Brigjen T.E.D. Kelly. Awalnya meraka diterima dengan baik , namun ada sebuah insiden ayang terjadi di Hotel (Pasukan NICA) marampas dan meginjak-injak lecana Merah Putih yang dipakai pemuda Indonesia. Hal itu mengundang kemarahan pemuda indonesia. Akibatnya, terjadi perusakan dan juga penyerangan terhadap Hotel yang dihuni Tentara NICA. Pada tanggal 10 Agustus 1946 di Tebingtinggi diadakn pertemuan komando-komando pasukan yang berjuang di Medan Area. Pertemuan tersebut memutuskan dibentuknya satu Komando Resimen Laskar Rakyat Medan Area.

c.Bandung Lautan Api
Pada tanggal 21 November 1946 sekutu mengeluarkan ultimatum yang isinya agar para pejuang mengosongkan kota Bandung Bagian Utara. Ultimatum tersebut tidak ditaggapi oleh para pejuang. Pada tanggal 23-24 Maret 1946 para pejuang meninggalkan Bandung, namun sebelum meninggalkan bandung mereka menyerang sekutu dan membumihanguskan kota Bandung tujuanya adalah agar Sekutu tidak dapat menduduki dan memanfaatkan sarana-sarana yang vital.

3.Antara Perundingan Dan Perang
a.Perundingan Liggajati
Perundingan linggajati di prakarsai oleh Lord Killearn (Inggris) dan dilaksanakan pada tanggal 10 November 1946. Pada perundingan tersebut, Indonesia mengirimkan delaegasi yang terdiri atas Sutan sjahir (ketua), Mr. Muh Roem, Mr.susanto, Tritoprodjo dan dr.A.K.Gani.
Isi perjanjian Linggajati :
a.Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia secara de facto atas wilayah jawa, madura dan sumatera.
b.Republik Indonesia dan Belanda akan bekerjasama membentuk RIS yang salah satu negara bagianya adalah Repblik Indonesia
c.RIS dan Belanda akan membentuk uni Indonesia-Belanda dengan ratu Belanda sebagai ketua.

b.Agresi Militer Belanda I dan Perundingan Renville
Perbedaan tafsir antara Indonesia dan Belanda berkaitan dengan isi naskah perundingan Linggajati Pada akhirnya melahirkan  Agresi Militer I. Agresi dilancarkan pada tanggal 21 Juli 1947. Peristiwa itu membuka mata dunia sehingga masalah Indonesia dimasukkan ke dalam sidang Dewan Keamana PBB pada tanggal 31 Juli 1947. Akhirnya , Dewan keamanan menyerukan kepada pihak-pihak yang bertikai untuk menghentikan tembak menembak dan menyelesaikan pertikaianya dengan Arbitrase atau cara-cara damai. Dewan keamanan mengusulkan sutu komisi Jasa Baik yang di kenal sebuah Komisi Tiga Negara (KTN). Seorang anggota KTN dipilih oleh indonesia yaitu Richard kirby dari Autralia. Belanda memilih paul van zeeland dari Belgia. Sebagai penengah dipilih Dr.Frank Graham dari Amerika Serikat.

Pada tanggal 8 Desember 1947 perundingan mulai di laksanakan di kapal USS Renville milik Amerika Serikat. Pada perundingan tersebut delegasi Indonesia dipimpin oleh Mr.Amir syarifudin dan Delegasi Belanda di pimpin oleh R.Abdulkadir Widioatmoj (orang Indonesia yang memihak Belanda)
Perundingan Renville terdiri atas tiga naskah sebagai berikut :
a.Persetujuan tentang gencatan senjata yang antara lain di terimanya garis demarkasi van mook. Persetujuan ini terdiri dari 10 pasal.
b.Dasar dasar politik renville yaitu berisi tantang kesediaan kedua belah pihak untuk menyelesaikan perikaianya dengan cara damai. Persetujuan ini terdiri atas 12 pasal.
c.Enam pasal tambahan dari KTN yang berisi kedaulatan Indonesia yang berada di tangan Belanda selama masa peralihan sampai penyerahan kedaulatan.

b.Agresi Militer II Belanda
Pada hari minggu tanggal 19 Desember 1948 tiba-tiba pesawat terbang Belanda melancarkan serangan dengan melakukan pemboman di lapangan terbang Maguwo dan bangunan penting di Ibu Kota Yogyakarta. Belanda akhirnya menawan  para pemimpin Republik Indonesia.  Sebelum di tangkap belanda, presiden soekarno sempat mngadakn sidang darurat . Dalam persidangan tersebut disepakati bahwa presiden akan mengirimkan Radio Gram kepada menteri kemakmuran syafruddin prawiranegara yang isinya membentuk pemerintahan darurat di Sumatra Barat (PDRI).

Berita tentang agresi militer II pada akhirnya di ketahui oleh Dunia International. Akhirnya pada tanggal 24 Desember 1948 Dewan Keamanan PBB  mengeluarkan resolusi yang isinya menghentikan tembak menembak dengan segera dan membebaskan Presiden Republik Indonesia dan para pemimpin yang di tawan Belanda.

c.Perundingan Roem-royan dan Konferensi Meja Bundar
pada tanggal 14 April 1949 atas desakan Amerika Serikat, berlangsunglah perundingan Roem-royen.
Dalam perundingan tersebut, Indonesia di wakili oleh Moh. Roem dan Belanda oleh Van Royen. Salah satu isi perundingan tersebut adalah perintah penghentian tembak menembak dan kesepakatan untuk mengadakan Konferensi Meja Bundar (KMB) di negara Belanda. 

Dalam Konferensi Meja Bundar Delegasi indonesia dipimpin oleh Moh. Hatta, sedangkan Belanda dipimpin oleh Mr. Van Maarsevan. Pada tanggal 2 November 1949 KMB menghasilkan keputusan sebagai berikut :

1.Belanda mengakui keberadaan RIS (Republik Indonesia Serikat) sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. RIS terdiri atas Republik Indonesia dan Lima belas negara bagian yang dibentuk Belanda.
2.Masalah Irian Barat akan diselesaikan setahun kemudian setelah pengakuan kedaulatan.
3.Corak pemrintahan RIS akan diatur dengan konstitusi yang dibuat oleh para delegasi Republik Indonesia dan BFO selama KMB berlangsung.
4.Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda yang bersifat lebih longgar, berdasarkan kerja sama secara sukarela dan derajat.

 Pada tanggal 23 Desember 1949 Drs.Moh.Hatta selaku delegasi RIS berangkat ke Belanda untuk menandatangani naskah pengakuan kedaulatan. Naskah penandatangana dilaksanakan di dua temat yaitu di negeri Belanda dan Indonesia. Naskah pengakuan kedaulatan itu ditandatangani pada tanggal 27 Desember 1949.



7 komentar:

  1. SAYA sriwahyuni Dari cilacap JATENG <<<<<
    Aslamu alaikum wr wb..
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di SMP / SMA dan juga anak sememtarah kuliah,tapi SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya
    tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI ROGO di No 08124528824
    Semua petunjuk AKI ROGO saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
    Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
    akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih AKI ROGO saya tidak akan melupakan jasa AKI.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
    SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KI ROGO hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya SILAHKAN HUB AKI ROGO
    DI NO <08124528824>


    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
    Pesugihan Instant 5 MILYAR
    Mulai bulan ini (January 2016) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
    serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
    Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll
    Syarat :
    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda


    Proses :
    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur
    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
    Prosedur Daftar Ritual ini :
    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP
    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 5 MILYAR
    Kirim ke nomor ini AKI ROGO: <08124528824>
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya
    Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk beberapa Orang saja..?ANDA PENGEN CEPAT KAYA MELALUI JALAN PESUGIHAN TUYUL DAN ANDA JUGA BISA MENANG MELALUI ANGKA-ANGKA TOGEL 2D 3D 4D 5D 6D.
    >>>>>KISAH NYATA DARI SAYA


    #SALAM ibu Sriwahyuni Basri CILACAP
    

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih.. artikel yang menarik

    ReplyDelete