Subscribe:

Ads 468x60px

.

menu

Wednesday, September 11, 2013

Definisi Politik dan Ilmu Politik serta politik itu ilmu atau seni

Ahmad Roihan
Ilmu Komunikasi UNILA 2013

Tugas 1
1. Carilah definisi politik dan ilmu politik
 2. Politik itu ilmu atau seni?

Jawaban

1. Definisi Politik dan Ilmu Politik

                 Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari politik atau politics atau kepolitikan. politik adalah usaha menggapai kehidupan.

                 pada umumnya dapat dikatakan bahwa politik (politics) adalah usaha untuk menentukan peraturan-peraturan yang dapat diterima baik oleh sebagian besar warga, untuk membawa masyarakat kearah kehidupan bersama yang harmonis. akan tetapi karena sifat manusia yang beraneka ragam dalam realitas sehari hari kita acap kali berhadapan dengan kegiatan yang tidak terpuji seperti yang dirumuskan peter merkl sebagai berikut : " politik dalam bentuk paling buruk adalah perebutan kekuasaan, kedudukan dan kekayaan untuk kepentingan diri sendiri. singkatnya politik adalah perebutankuasa takhta dan harta.

                Definisi politik yang berkaitan dengan masalah konflik dan konsensus yaitu contohnya menurut Rod Hague et al : " politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.

 Berikut Konsep-Konsep Pokok dalam Politik :
1. Negara
   para sarjana yang menekankan negara sebagai inti politik memusatkan perhatiannya pada lembaga-lembaga kenegaraan serta bentuk formalnya. salah satu ahli atau tokohnya adalah Roger F soltau dalam bukunya Introduction to politics mengatakan : " Ilmu politik mempelajari negara, tujuan tujuan negara... dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan tujuan itu, hubungan antara negara dengan warganya serta hubungan antar negara.

2. Kekuasaan
   sarjana yang melihat kekuasan inti dari politik beranggapan bahwa politik adalah semua kegiatan yang menyangkut masalah memperebutkan dan mempertahankan kekuasaan. Berikut beberapa definisi menurut pendekatan ini
 * meburut Harold D Laswell dan A kaplan dalam power and society mengatakan : "ilmu politik mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan"
 * menurut Ossip  Fletchteim dalam Fundamental of Political Sciene menegaskan :"Ilmu politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan, berserta sifat dan tujuan dari gejala gejala kekuasaan lain yang tidak resmi yang dapat memengaruhi negara"

3. Pengambilan keputusan
   pengambilan keputusan sebagai konsep pokok dari politik menyangkut keputuan-keputusan yang diambil secara kolektif mengikat seluruh masyarakat. Menurut Joyce Mitchell dalam bukunya Political Analysis and Public Policy mengatakan:"politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuat kebijakan umum untuk masyarakat seluruhnya".

4. Kebijakan Umum (Public Policy Beleid)
   para sarjana menekankan aspek kebijakan umum menganggap bahwa setiap masyarakat mempunyai beberapa tujuan bersama. Slah satu ahli atau tokoh dalam pendekatan ini adalah Daavid Easton :"Ilmu politik adalah studi mengenai terbentuknya kebijakan umum. dalam bukunya The Political System mengatakan kehidupan politik mencakup bermacam-macam kegiatan yang memengauhi kebijakan dari pihak yang berwenang , yang diterima untuk suatu masarakat dan yang memengrauhi cara untuk melaksanakan kebijakan itu".

5. Pembagian (Distribution) atau Alokasi

   Sarjana yang menekankan pembagian dan alokasi beranggapan bahwa politik tidak lain dan tidak bukan adalah membagikan dan mengalokasikan nilai nilai secara mengikat. Yang ditekankan pembagian ini sering tidak merata dan karena itu menyebabkan konflik. Definisi megenai pendekatan ini yaitu menurut Harold D Laswell dalam buku Who Gets What When How mengatakan:"Politik adalah masalah siapa mendapat apa kapan dan bagaimana".

2. Politik Itu Ilmu atau Seni?


    Sebelum membahas politik itu ilmu atau seni perlu kita ketahui dulu Definisi dari ilmu dan seno. Ilmu pengetahuan setelah Pertemuan para sarjana Ilmu Politik di Paris pada tahun 1948 adalah keseluruhan dari pengetahuan yang terkoordinasi mengenai pokok pemikiran tertentu. Dan definisi seni menurut KBBI seni merupakan kesanggupan akal unuk menciptakan sesuatu yang bernilai tingggi . dengan cara mengekspresikan kreatifitas dan gagasannya.

   Ditinjau dari definisi ILmu dan seni maka politik bisa disebut sebagai ilmu dan juga seni. politik sebagai ilmu karena politik mengkaji bagaimana mengelola suatu lembaga, membahas tata kelolakekuasaan, relasi rakyat, negara, pemerintah dan lainnya yang terikat hal-hal penyerahan kedaulatan individu kepada penguasa. Politik sebagai seni karena politik menyediakan ruang untuk politisi mengekspresikan gagasan, pola pikir, taktik atau strategi di bidang politik. Seni juga dapat digunakanuntuk melanggengkan kekuasaan penguasa dengan cara menyampaikan sebuah pemikiran dan kreatifitas untuk mempengaruhi orang. sebagai seni politik membutuhkan kepekaan rasa, seperti rasa prihatin dengan penderitaan rakyat.

sember :
Budiharjo, Miriam. 2008. Dasar Dasar Ilmu Politik. Jakata:Gramedia.
http://Kamusbahasaindonesia.org/seni
http://anthogoodwill.blogspot.com/

1 komentar: