Subscribe:

Ads 468x60px

.

menu

Friday, November 8, 2013

Communication Festival Universitas Lampung

Communication Festival
Dulu sempat bingung gua apa sih itu Communication Festival atau comfest, nah berhubung sekarang gua udah dapet artikelnya dari http://communicationfestival.blogspot.com/ sekarang gua tau apa itu comfes dan acaranya ngapain aja :).
ini nih yang belum tau apa itu comfest




LATAR BELAKANG ACARA
Kreatifitas dan semangat jiwa muda tak boleh luntur dari setiap pribadi generasi penerus bangsa. Intelejensi dan intelektualitas tidak akan tampak bermanfaat tanpa didukung dengan kreatifitas untuk menghadirkannya ke tengah masyarakat. Kepedulian terhadap sesama, penghormatan terhadap pejuang bangsa, dan kecerdasan mengelola sumber daya, merupakan satu paket cerdas generasi muda yang akan dapat menyemarakkan semangat kepahlawanan di bulan November tahun 2012 ini. Sejalan dengan semangat tersebut, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (HMJ IKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung hendak melaksanakan suatu rangkaian acara yang akan mengeksplorasi kreatifitas, semangat jiwa muda, dan kepedulian terhadap sesama dengan menghadirkannya dalam bentuk pameran karya dan seminar yang dikemas dalam COMMFEST’12.

MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan :
• Menyemarakkan semangat kepahlawanan bulan November 2012 di FISIP Unila;
• Mengekshibisi karya mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi;
• Mempromosikan berbagai produk dan karya masyarakat yang bersifat komersil (bazar);
• Menyalurkan minat dan bakat mahasiswa serta masyarakat umum dalam bentuk karya foto dan poster;
• Turut mencerdaskan masyarakat atas isu paparan media dan informasi yang semakin berkembang.

DASAR KEGIATAN

• Tridharma Perguruan Tinggi;
• Keputusan Mendikbud Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi kemahasiswaan di Perguruan Tinggi;
• Keputusan Rektor Unila Nomor 133/J26/2006 tentang Konstitusi Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Lampung;
• Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi Universitas Lampung.

NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama COMMUNICATION FESTIVAL 2012 (COMMFEST’12) dengan tema Be Creative and Make It Real.
Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dengan dua main activities, yaitu Floor Activities dan Stage Activities. Acara ini merupakan bentuk pengabdian dan ekshibisi karya-karya generasi muda yang penuh kreatifitas dan kepedulian terhadap sesama.
WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini dilaksanakan pada :
26-27 November 2012
Bertempat di :
Parking Area FISIP Universitas Lampung

TARGET KHALAYAK

Ø PESERTA PAMERAN
• Perguruan Tinggi se-Provinsi Bandarlampung
• UKM dan pengrajin
• Asosiasi dan Organisasi Mahasiswa
• Badan Usaha Milik Swasta maupun perorangan

Ø PENGUNJUNG PAMERAN
• Seluruh civitas akademika Universitas Lampung
• Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Provinsi Bandarlampung
• Pelajar se-Provinsi Bandarlampung

DETAIL EVENT

Ø Business Expo
Pameran atau bazar karya ini terdiri dari dua jenis cluster, yaitu cluster HMJ Ilmu Komunikasi yang terdiri dari 3 stand dan cluster swasta yang terdiri dari 5 stand. Cluster HMJ Ilmu Komunikasi memamerkan karya-karya mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dari berbagai bidang, seperti fotografi, penyiaran, periklanan, dan jurnalistik. Sedangkan cluster swasta diisi dengan foodcourt, hasil kerajinan dan sebagainya.

Ø Media Literation Seminar
Seminar yang bertemakan Kecerdasan media ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Mencerdaskan bangsa merupakan tugas yang diemban setiap elemen masyarakat khususnya para akademisi. Seminar yang dihadiri narasumber berkompeten dibidangnya, dalam hal ini kami mengundang tokoh dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bandarlampung, diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat di tengah gencarnya era kebebasan informasi.

Ø HIV/AIDS Seminar
Acara seminar HIV/AIDS ini merupakan bagian dari content acara Commfest’12. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2012. Adapun khalayak yang dituju adalah Mahasiswa Fisip Unila umumnya dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya. Tujuan diadakannya seminar ini  adalah memberikan edukasi kepada khalayak tujuan mengenai AIDS mengingat angka penderita penyakit ini kian meningkat dan Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi dengan penderita HIV yang cukup tinggi. HMJ Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Lampung dalam pengadaan kegiatan ini.

Ø Levitation Photo Contest
Tema perlombaan ini “HEROtation”. Pada lomba foto, peserta diminta untuk membidik foto levitasi dengan konsep mereka sendiri, yang bertemakan pahlawan. Pahlawan disini tidak hanya diartikan sebagai orang yang berjuang untuk Negara dan Bangsa, tetapi juga mereka yang berjuang untuk kehidupan dan lingkungannya. Sebagai contoh: guru, tukang sapu, dll. Mekanisme perlombaan adalah dengan mengumpulkan foto kepada panitia untuk mendapat penilaian menyeluruh sebelum dilaksanakan pameran.

Ø Poster Design Contest
Tema lomba ini adalah “The Real Hero”. Rangkaian lomba berlansung selama dua hari, hari pertama adalah pembuatan poster diloanjutkan  hari kedua yaitu pameran hasil karya poster dan pengumuman pemenang poster. Lomba diaspirasikan dalam dua pilihan media  yaitu manual poster dan digital poster. Dan setiap peserta hanya menyerahkan satu karya. Lomba dilakukan dengan sistem on the spot yaitu setiap peserta wajib membuat karyanya pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

Ø Blood for Life
Kegiatan donor darah ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Communicare HMJ Ilmu Komunikasi. Kegiatan sosial ini dilaksanakan dengan tujuan membantu sesama umat manusia. Bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Bandarlampung, kegiatan donor darah ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang besar bagi orang lain yang membutuhkan. Target peserta kegiatan ini adalah semua peserta maupun pengunjung COMMFEST’12. Semakin banyak peserta donor darah, maka semakin banyak kehidupan yang diselamatkan.

Ø Perpanjangan SIM Keliling
Fasilitas ini disediakan dalam kegiatan COMMFEST’12 yang bertujuan untuk memberikan layanan publik untuk pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Satlantas Polresta Bandarlampung.

Ø Cabaret Competition
Cabaret Competition merupakan salah satu content acara dari CommFest 2012 yang mengangkat tema sesuai dengan Hari Pahlawan. Kabaret adalah sebuah pertunjukan atau pementasan seni yang berasal dari Dunia Barat di mana biasanya ada hiburan berupa musik, komedi dan seringkali sandiwara atau tari-tarian. Tema kegiatan ini “HERO ACTION”. Pada lomba ini, peserta diminta untuk menampilkan sebuah  pertunjukan yang bertemakan pahlawan.
 
sumber :  http://communicationfestival.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment